مشكلات تعليم مهارة الاستماع أثناء وباء كورونا في قسم تعليم اللغة العربية كلّية ‏التربية بجامعة كديري الإسلامية الحكومية

Fuadhi, Muhammad Iqbal (2022) مشكلات تعليم مهارة الاستماع أثناء وباء كورونا في قسم تعليم اللغة العربية كلّية ‏التربية بجامعة كديري الإسلامية الحكومية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932505018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505018_bab1.pdf

Download (990kB)
[img] Text
932505018_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932505018_bab3.pdf

Download (738kB)
[img] Text
932505018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
932505018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
932505018_bab6.pdf

Download (527kB)
[img] Text
932505018_daftarpustaka.pdf

Download (585kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD IQBAL FUADHI. 2022. Problematika Pembelajaran Keterampilan Istima’ pada Masa Pandemi Covid 19 di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri,. Skripsi, Pendidikan Bahasa Arab, Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Eko Budi Hartanto, S.Hum., M.Pd.I.. Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran, keterampilan Istima’ Keterampilan menyimak merupakan keterampilan yang diperlukan dalam memahami pembelajaran bahasa Arab akan tetapi tidak semua pembelajar paham bahasa Arab apalagi menyimak.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya motivasi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dan minimnya minat mereka terhadap pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan bahasa yang merujuk pada keterampilan menyimak serta adanya fenomena mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab semeseter 6 yang semestinya terampil dalam berbahasa Arab akan tetapi belum menguasai keterampilan bahasa secara baik. Pada penelitian ini peneliti ingin melihat Problematika pembelajaran maharah Istima’ secara daring pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2019. Pada penelitian ini akan membahas tentang 1) Bagaimana Implementasi Pembelajaran Istima’ di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri ?. 2) Apa kendala yang dihadapi mahasiswa selama proses pembelajaran Istima’ di Prodi PBA IAIN Kediri ?, 3) Apa kendala yang dihadapi dosen dalam proses pembelajaran Istima’ di Prodi PBA IAIN Kediri ?, 4) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran Istima’ di Prodi PBA IAIN Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, serta jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan ini relevan digunakan dalam penelitian yang berjudul “ Problematika Pembelajaran Istima’ di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri ( Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan 2019) Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran Istima’ di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri terbagi menjadi tiga tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran di waktu pandemi Covid 19 ditemukan problematika pembelajaran istima’ oleh mahasiswa PBA IAIN Kediri terklasifikasi ke dalam problem linguistik meliputibunyi, intonasi, dialek, kosa kata dan menulis sedangkan non linguistik meliputi motivasi minim, metode pembelajaran monoton, kepercayaan diri rendah, penguasaan dan pemahaman materi rendah, pengalaman belajar istima’ minim, perbedaan kemampuan mahasiswa, inovasi pembelajaran minim, tidak adanya feedback dari dosen, tidak adanya lingkungan belajar, sarana dan prasarana kurang memadai. 3) Dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring ditemukan problematika pembelajaran Istima’ oleh dosen meliputi belum tercapainya kemampuan pelafalan seperti penutur asli, pemanfaatan teknologi belum optimal, sarana dan prasarana belum memadai, minimnya inovasi pembelajaran. 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika dosen dan mahasiswa di program studi PBA IAIN Kediri yaitu pembiasaan menyimak penuturan dari penutur asli, pembiasaan latihan dialek bervariasi, pembiasaan latihan menulis sesuai kaidah, penyusunan metode pembelajaran beragam, penggolongan kemampuan mahasiswa melalui pre test, menggerakkan lingkungan bahasa dari lingkup terkecil, peningkatan kualitas sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Iqbal Fuadhi
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:31
Last Modified: 05 Apr 2023 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8081

Actions (login required)

View Item View Item