Wahyuni, Sri (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Petani Gula Kelapa (Studi Kasus Tengkulak Gula Kelapa Mahkota Cabang Desa Bulupayung,Kecamatan Patimuan,Cilacap). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931330015_prabab.pdf Download (441kB) |
|
Text
931330015_bab1.pdf Download (175kB) |
|
Text
931330015_bab2.pdf Download (237kB) |
|
Text
931330015_bab3.pdf Download (187kB) |
|
Text
931330015_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
|
Text
931330015_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text
931330015_bab6.pdf Download (10kB) |
|
Text
931330015_daftarpustaka.pdf Download (169kB) |
Abstract
SRI WAHYUNI, NIM 931330015.Dosen Pembimbing Dr. Hj. ZURAIDAH, M.SI DAN ALI SAMSURI, M.EI : “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Petani Gula Kelapa (Studi Kasus Tengkulak Gula Kelapa Mahkota Cabang Desa Bulupayung, Kecamatan Patimuan, Cilacap)” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Petani. Tengkulak gula kelapa memiliki peran positif dalam mengembangkan ekonomi masyarakat. Dikatakan positif atau mengalami keberhasilan bila pelanggan atau petani gula kelapa mendapatkan kepuasan dalam berbagai pelayanan jasa yang diperankan oleh tengkulak. Kepuasan pelanggan dapat diukur melalui terpenuhinya kepuasan pribadi konsumen yakni dari cara petugas melayani pelanggan, sementara itu kepuasan pelanggan akan tercapai apabilakebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan terpenuhi. Untuk dapat memberikankualitas pelayanan yang baik maka perlu adanya hubungan yang erat antara tengkulak dan petani gula kelapa, dengan demikian maka kualitas pelayananmerupakan faktor kunci sukses bagi suatu organisasi atau tengkulak gula kelapa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability Sampling. Bagian dari sampel dalam penelitian ini yakni pelanggan di tengkulak Mahkota Desa Bulupayung. Jumlah populasi dalampenelitian ini adalah 150 pelanggan, maka peneliti mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket). Teknik Analisis data melalui uji validitas, uji asumsi klasik, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS (SPSS) 21.0. Hasil penelitian menujukkan berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa 43,3% atau 65 responden menyatakan kualitas dalam kategori baik. Artinya kualitas pelayanan di tengkulak Mahkota Desa Bulupayung Kecamatan Patimuhan Kabupaten Cilacap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa hasil penelitian variabel Kepuasan Pelanggan yang diajukan diperoleh hasil bahwa 52,7% atau 79 responden menyatakan kepuasan pelanggan dalam kategori baik. Artinya kualitas pelayanan di tengkulak Mahkota Desa Bulupayung Kecamatan Patimuhan Kabupaten Cilacap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap variabel kepuasan pelanggan di Tengkulak Mahkota Desa Bulupayung Kecamatan Patimuhan Kabupataen Cilacap. Hal ini berdasarkan tabel 4.12 pada analisis data bahwa thitung> ttabel (12,133> 1,665) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka maka H0 di tolak dan H1diterima. Pada uji f menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan fhitung 24,449>3,06
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sriwahyuni Sriwahyuni |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 04:34 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 04:34 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/8075 |
Actions (login required)
View Item |