مساهمة التربية في المدرسة الدينية سلامة وبركة على التحصيل الدراسي في المواد العربية لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الحكومية ٢ سراجين

Lailiyah, Luluk (2022) مساهمة التربية في المدرسة الدينية سلامة وبركة على التحصيل الدراسي في المواد العربية لطلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الحكومية ٢ سراجين. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932507318_prabab.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932507318_bab1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
932507318_bab2.pdf

Download (256kB)
[img] Text
932507318_bab3.pdf

Download (254kB)
[img] Text
932507318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
932507318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
932507318_bab6.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932507318_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932507318_suratpernyataan.pdf

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK LULUK LAILIYAH, Dosen Pembimbing Dr. Nurul Hanani, M. HI dan Nur Khamidah, S.S., M. Hum: Kontribusi Pendidikan Madrasah Diniyah Pesantren Salamah Wabarokah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen, IAIN KEDIRI, 2022 Kata Kunci : Kontribusi, Pendidikan Madrasah Diniyah, Prestasi Belajar Siswa. Madrasah Diniyah merupakan lembaga non-formal yang mayoritas ada di bawah naungan pondok pesantren. Dalam pembelajarannya Madrasah Diniyah mengajarkan berbagai cabang pendidikan Islam, salah satunya ialah ilmu yang berkaitan dengan Bahasa Arab. Pembelajaran Madrasah Diniyah sendiri telah memiliki standart kurikulum yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dan sesuai dengan kebijakan lembaga pendidikan tersebut. Sedangkan mata pelajaran Bahasa Arab yang ada di sekolah formal, dianggap sulit bagian sebagian siswa sehingga tidak jarang dari mereka kurang memahami materi-materi pelajaran Bahasa Arab yang diajarkan di sekolah . Oleh karenanya dengan memaksimalkan pembelajaran di Madrasah Diniyah Salamah Wabarokah dengan materi pokok pembelajaran pada bidang ilmu Bahasa Arab hampir sama dengan materi pelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Sragen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ada di sekolah formal. Dengan demikian, pembelajaran Madrasah Diniyah Salamah Wabarokah dapat berkontribusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara Madrasah Diniyah Salamah Wabarokah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab yang ada di MAN 2 Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sasaran penelitian kelas X di MAN 2 Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi antara Madrasah Diniyah Salamah Wabarokah dengan prestasi belajar siswa pada mata pejalaran bahasa arab kelas X di Man 2 Sragen dapat dibuktikan dari proses pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah Salamah Wabarokah yang terstruktur dan materi yang hampir sama dengan materi Bahasa Arab di MAN 2 Sragen dan juga dapat dilihat dari 3 ranah pembelajaran yaitu : Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Luluk lailiyah
Date Deposited: 15 Mar 2023 07:36
Last Modified: 15 Mar 2023 07:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7942

Actions (login required)

View Item View Item