Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Trigonometri Berbasis Problem Based Learning (PBL)

Nisa', Khoirun (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Trigonometri Berbasis Problem Based Learning (PBL). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301817_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301817_bab1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
932301817_bab2.pdf

Download (497kB)
[img] Text
932301817_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
932301817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932301817_bab5.pdf

Download (107kB)
[img] Text
932301817_daftarpustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932301817_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ix KHOIRUN NISA’, Dosen Pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.Si, dan Nur Fadilatul Ilmiyah, M.Si, Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Trigonometri Berbasis Problem Based Learning (PBL), Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Trigonometri, Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran dari validator, keefektifan serta kemenarikan dari peserta didik terhadap pengembangan video pembelajaran pada materi trigonometri berbasis problem based learning (PBL) untuk kelas X SMAN 1 Ngadiluwih. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengembangkan video dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik SMAN 1 Ngadiluwih dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, uji kemenarikan dan uji efektifitas terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran pada materi trigonometri berbasis problem based learning (PBL) untuk siswa SMAN 1 Ngadiluwih yang menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah sangat layak dengan persentase skor 89% berdasarkan ahli materi dan 90% berdasarkan ahli media. Tingkat kepraktisan media adalah 78% dengan kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan berdasarkan uji coba skala kecil dengan skor 75 % serta uji coba skala besar memperoleh skor 79% berdasarkan angket respon siswa. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran pada materi trigonometri berbasi problem based learning (PBL) memenuhi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam memfasilitasi proses pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:22
Last Modified: 09 Mar 2023 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item