Muhtadin, M. Rodli (2021) Metode Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an Pada Anak Disleksia Bahasa Arab Kelas VII Di MTsN 1 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135014_prabab.pdf Download (300kB) |
|
Text
932135014_bab1.pdf Download (618kB) |
|
Text
932135014_bab2.pdf Download (608kB) |
|
Text
932135014_bab3.pdf Download (343kB) |
|
Text
932135014_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
|
Text
932135014_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text
932135014_bab6.pdf Download (316kB) |
|
Text
932135014_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
|
Text
932135014_lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK M. RODLI MUHTADIN, Dosen Pembimbing I Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd, Dosen Pembimbing II Dewi Agus Triani, M.Pd.I. METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQUR’AN PADA ANAK DISLEKSIA BAHASA ARAB KELAS VII DI MTsN 1 NGANJUK. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Disleksia, BTQ, Bahasa Arab Al-Qur’an merupakan pedoman bagi semua umat muslim. Apapun permasalahan yang dihadapi oleh manusia, Al-Qur’an selalu mempunyai jawabannya. Oleh karena itu sebagai muslim wajib untuk dapat membaca agar dapat memahami isinya. Bagi sebagian orang membaca Al-Qur’an sangat mudah bahkan hingga mengahafalnya, namun bagi sebagian lain membaca Al-Qur’an merupakan hal yang sangat sulit, khususnya bagi penderita disleksia. Disleksia merupaka kondisi dimana sesorang tidak dapat membedakan huruf-huruf secara pasti sehingga sulit untuk membacanya. Oleh karena itu agar dapat membaca dan munulis Al-Qur’an dibutuhkan sebuah metode yang cocok untuk anak-anak disleksia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha untuk mengetahui peran / kontribusi nilai pendidikan agama terhadap perilaku sosial siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan wawancara dan observasi dalam melakukan penggalian data. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan 3 cara yani data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Untuk pengecekan keabsahan data peeliti menggunakan 3 cari yakni memperjang keikutsertaan, mengamati dengan tekun dan melakukan triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian ini adalah (1). Metode belajar yang digunakan guru dalam pembelajaran baca tulis Al-Quran bagi anak disleksia adalah metode fernald atau yang biasa kita sebut dengan metode multy sensory. (2). Faktor pendukung adalah Motivasi siswa untuk bisa membaca dan menulis Al-Quran, Ketelatenan guru dalam mengajar, Lingkungan sekolah yang mendukung, Penggunaan media/metode pembelajaran yang variatif. Sedangkan faktor penghambat adalah Turunnya motivasi anak, Tingkat kecerdasan yang berbeda-beda, Perbedaan latar belakang pendidikan, Lingkungan keluarga yang tidak mendukung, Lingkungan sekolah, Lingkungan masyarakat yang kurang kondisif
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 02:40 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 02:40 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7838 |
Actions (login required)
View Item |