Bisri, Mohammad Baasith Aziz (2022) Penerapan Metode Bercerita Untuk Membentuk Perilaku Islami Siswa SD Muhammadiyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932131618_prabab.pdf Download (543kB) |
|
Text
932131618_bab1.pdf Download (137kB) |
|
Text
932131618_bab2.pdf Download (255kB) |
|
Text
932131618_bab3.pdf Download (317kB) |
|
Text
932131618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
Text
932131618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
|
Text
932131618_bab6.pdf Download (112kB) |
|
Text
932131618_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932131618_suratpernyataan.pdf Download (121kB) |
Abstract
Membentuk perilaku islami pada anak dapat diwujudkan dengan keikutsertaan dalam kegiatan di sekolah, anak akan mendapatkan pengalaman nyata yang diberikan oleh guru. Salah satu metode yang digunakan oleh guru dalam membentuk perilaku islami pada anak melalui metode bercerita. Perlunya menanamkan perilaku islami melalui metode cerita diharapkan dapat membuat nilai-nilai yang diajarkan dapat dihayati dan dimaknai oleh anak tanpa adanya paksaan. Dengan demikian, maka peneliti tertarik untuk mengkaji tentang penerapan metode bercerita untuk membentuk perilaku islami siswa di SD Muhammadiyah Kota Kediri. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk:1) mendeskripsikan gambaran perilaku islami siswa di SD Muhammadiyah Kota Kediri, 2) mendeskripsikan penerapan metode bercerita dalam membentuk perilaku islami bagi siswa di SD Muhammadiyah Kota Kediri, 3) mendeskripsikan hasil penerapan metode bercerita dalam membentuk perilaku islami siswa SD Muhammadiyah Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam memperoleh data-data tersebut peneliti menggunakan beberapa metode: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Gambaran tentang perilaku islami, terlihat dalam keseharian siswa di sekolah, yang meliputi: a. perilaku islami terhadap Allah SWT, b. perilaku islami terhadap sesama manusia,c. perilaku islami terhadap alam sekitar; 2) penerapan metode bercerita dimula i da ri penyusunan RPP kemudia n guru PAI menyampaikan cerita dengan menerapkan langkah-langkah metode bercerita; 3) Hasil penerapan metode bercerita menunjukkan bahwa siswa di SD Muhammadiyah Kota Kediri lebih paham dan menerapkan perilaku islami dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. Setelah menggunakan metode bercerita, para siswa mampu mengembangkan perilaku Islami mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohammad Baasith Aziz Bisri |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 07:14 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 07:14 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7811 |
Actions (login required)
View Item |