Peranan Etiket Pelayanan Customer Services Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus BMT Lantasir Pesantren Kota Kediri)

Septiana, Rani (2022) Peranan Etiket Pelayanan Customer Services Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus BMT Lantasir Pesantren Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931405317_prabab.pdf

Download (618kB)
[img] Text
931405317_bab1.pdf

Download (389kB)
[img] Text
931405317_bab2.pdf

Download (408kB)
[img] Text
931405317_bab3.pdf

Download (199kB)
[img] Text
931405317_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
931405317_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
931405317_bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
931405317_daftarpustaka.pdf

Download (257kB)
[img] Text
931405317_suratpernyataan.pdf

Download (109kB)

Abstract

RANI SEPTIANA, Dosen pembimbing Dr, Sulistyowati, SHI, MEI dan Ririn Tri Puspita Ningrum,MSI : Peranan Etiket Pelayanan Customer Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus BMT Lantasir Pesantren Kota Kediri), Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Etiket Pelayanan, Customer Service, Loyalitas Anggota, Etika Bisnis Islam Perananan etiket pelayanan customer service di BMT Lantasir merupakan suatu bentuk pengaplikasian untuk meningkatkan jumlah loyalitas anggota. Etiket pelayanan diartikan sebagai tata cara pemberian pelayanan dengan berbagai cara agar bisa menarik minat angggota. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan mengenai bagaimana perananan etiket pelayanan customer service dalam meningkatkan loyalitas anggota di BMT Lantasir Pesantren Kota Kediri dan bagaimana perananan etiket pelayanan customer service dalam meningkatkan loyalitas anggota di BMT Lantasir Pesantren Kota Kediri ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi. Wawancara dalam penelitian dilakukan dengan mewawancarai pihak yang terkait dengan judul penelitian seperti manager BMT Lantasir Pesantren Kota Kediri, Customer Service, dan beberapa anggota BMT Lantasir. Untuk dokumentasi didapatkan oleh peneliti dari kantor BMT Lantasir serta dilakukan pengecekan keabsahan data unuk mengetahui kebenaran serta melakukan pengamatan dalam bentuk observasi dan triangulasi. Apapun tahapan terakhir yang dilakukan peneliti yaitu dengan tahap pra lapangan, tahap lapangan, analisis data dan penulisan laporan penelitain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) bahwa perananan etiket pelayanan customer service di BMT Lantasir ditunjukkan dengan perananan komponen etiket pelayanan dalam menjalankan tugasnya yaitu dengan menjaga sikap dan perilaku, menjaga cara berpakaian, penampilan, cara bertanya, dan gerak gerik saat memberikan pelayan hal ini yang mampu meningkatkan jumlah loyalitas anggota di BMT Lantasir. (2) Sedangkan perananan etiket pelayanan customer service dalam meningkatkan jumlah loyalitas anggota ditinjau dari etika bisnis Islam dilakukan BMT Lantasir dengan mengacu pada pandangan Islam mengenai etika bisnis Islam yaitu dengan penggunaan prinsip etika bisnis Islam diantaranya yaitu kejujuran, adil, tanggung jawab, dan seimbang. Perananan etiket pelayanan customer service di BMT Lantasir mendapatkan respon positif dari para anggota dimana hal ini mampu meningkatkan jumlah loyalitas anggota yang menabung ataupun yang melakukan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150311 Organisational Behaviour
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1504 Commercial Services > 150499 Commercial Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Rani Septiana
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:13
Last Modified: 27 Feb 2023 03:13
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7779

Actions (login required)

View Item View Item