Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan Studi Kasus Radio SBL Fm Dusun Ngepeh Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Jombang

Putri, Lisa Ika (2022) Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan Studi Kasus Radio SBL Fm Dusun Ngepeh Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931340515_prabab.pdf

Download (540kB)
[img] Text
931340515_bab1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
931340515_bab2.pdf

Download (416kB)
[img] Text
931340515_bab3.pdf

Download (105kB)
[img] Text
931340515_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
931340515_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
931340515_bab6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
931340515_daftarpustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
931340515_suratpernyataan.pdf

Download (76kB)

Abstract

ABSTRAK LISA IKA PUTRI, 2022. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., MEI., dan Dr. Yuliani, SE, MM. Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Dalam Meningkatkan Minat Pemasang Iklan (Studi Kasus Radio SBL FM Dusun Ngepeh Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro Jombang), Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kediri. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Radio, Peningkatan Pemasang iklan. Media masa di zaman modern ini sangat penting digunakan untuk menyampaikan informasi yang di dalamnya memuat pesan untuk disampaikan kepada masyarakat, salah satunya adalah media masa radio. Radio SBL FM Jombang merupakan salah satu media komersial yang mempunyai peran dan juga fungsi sebagai media informasi, hiburan dan pendidikan dengan tujuan untuk menghidupkan radio melalui pemasang iklan. Dalam hal ini radio SBL FM Jombang mempunyai strategi dalam meningkatkan minat pemasang iklan untuk menambah kondisi finansial guna mendukung proses produksi. Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh radio SBL FM Jombang dalam meningkatkan minat pemasang iklan. 2) Bagaimana peran strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah minat pemasang iklan di radio SBL FM Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi yaitu dengan mengamati fakta yang terjadi dilapangan, wawancara tentang strategi dan peran radio SBL FM dalam meningkatkan jumlah minat pemasang iklan, dan dokumentasi pada saat penelitian sebagai penunjang skripsi ini. Kemudian analisis data yang dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data lalu penarikan kesimpulan yang akan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) Strategi yang digunakan oleh radio SBL FM Jombang adalah strategi komunikasi pemasaran dengan cara bertemu langsung dengan calon pemasang iklan dengan menggunakan strategi Pull: memberikan penawaran yang menarik dan kelebihan memasang iklan di radio SBL FM. Strategi Push: pemasang iklan baru akan diberikan penawaran negoisasi tarif jasa dan kepada pemasang iklan lama diberikan kenyamanan untuk tetap beriklan seperti kebutuhan apa yang diperlukan terhadap iklan yang dipasang. Strategi Pass: memberikan alasan kenapa harus memasang iklan di radio SBL dan manfaat yang akan di dapatkan oleh calon pemasang iklan. (2), Peran strategi komunikasi pemasaran radio SBL FM Jombang mempengaruhi peningkatan jumlah pemasang iklan dengan cara bertemu secara langsung dengan konsumen sehinga dapat memberikan kelebihan memasang iklan di radio SBL. Strategi ini membuat pemasang iklan radio SBL naik secara perlahan, yaitu 2020 ada 5 pemasang, 2021 naik menjadi 7 pemasangdan per bulan marer 2022 ada 8 pemasang iklan. Dari hal tersebut dapat dipahami jika strategi yang dilakukan oleh radio SBL FM sangat berpengaruh pada minat pemasang iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Lisa Ika Putri
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:10
Last Modified: 27 Feb 2023 03:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7775

Actions (login required)

View Item View Item