Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al Qodir Kertosono

Fatonim, Muhamad Alfian (2021) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al Qodir Kertosono. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111016_prabab.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932111016_bab1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
932111016_bab2.pdf

Download (133kB)
[img] Text
932111016_bab3.pdf

Download (52kB)
[img] Text
932111016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
932111016_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
932111016_bab6.pdf

Download (21kB)
[img] Text
932111016_daftarpustaka.pdf

Download (28kB)
[img] Text
932111016_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD ALFIAN FATONI, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Al Qodir Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, 2020. Kata kunci: Media, Pembelajaran, Hasil, Belajar. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Berdasarkan wawancara pada study pendahuluan di SMP ISLAM AL QODIR Kertosono diketahui bahwa sebagian siswa memiliki nilai PAI dengan hasil kurang maksimal. Banyak faktor yang mempengaruhi seorang siswa dalam mencapai hasil belajar yang maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah media pembelajaran. Media pembelajaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah. Salah satu upaya untuk peningkatan proses pembelajaran di SMP ISLAM AL QODIR Kertosono adalah penggunaan media secara efektif yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar yang baik. Media pembelajaran akan mempermudah guru di SMP ISLAM AL QODIR Kertosono dalam menjelaskan pelajaran pendidikan agama islam kepada siswa sehingga siswa juga mudah menangkap serta memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP ISLAM AL QODIR yang berjumlah 55 orang. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 48 responden. Instrument pengambilan data menggunakan angket/kuesioner. Sedangkan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran di SMP ISLAM AL-QODIR kertosono menunjukkan kategori sedang yaitu sebesar 87.5%. Sedangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP ISLAM AL QODIR kertosono diketahui dengan kategori sangat tinggi yaitu sebesar 81.25 %. Sedangkan dengan nilai signifikansi diketahui sebesar 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP ISLAM AL-QODIR

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:58
Last Modified: 14 Feb 2023 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7692

Actions (login required)

View Item View Item