Arzak, Muhammad Barok (2014) تطبيق طريقة المناقشة لترقيّة مهارة قراءة الطلاب فى الصف الأول الثانوية في المعهد الإسلامي حاج يعقوب ليربيا كديري (منهج البحث اللكيف). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
cover.pdf Download (81kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB1.pdf Download (177kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
Text
bab6.pdf Download (161kB) |
Abstract
Keberhasilan dan kegagalan sebuah pendidikan sangat bergantung pada komponen-komponen atau faktor-faktor yang membangunnya. Di antara komponen tersebut adalah konsep pendidikan yang di dalamnya terdapat proses metode pengajaran. Sebuah pendidikan tanpa konsep yang jelas akan berdampak pada ketidak-jelasan maksud ataupun arah dan tujuan pendidikan itu sendiri. Hal ini harus diperhatikan mengingat pendidikan adalah sebuah aktifitas yang memiliki maksud tertentu yang diarahkan untuk mengembangkan individu sepenuhnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan penerapan metode diskusi/musyawarah dalam meningkatkan maharoh qiroah siswa, mengetahui dan mengungkapkan efektivitas metode musyawarah dalam meningkatkan maharoh qiroah santri di Madrasah Diniyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan informasi dan pemikiran bagi pihak pondok pesantren yang mengasramakan santrinya dalam rangka meningkatkan maharoh qiroah . Untuk menambah wawasan tentang penerapan metode yang digunakan dalam meningkatkan maharoh qiroah santri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menerangkan fenomena sosial atau suatu peristiwa yang terjadi, dengan mengambil lokasi penelitian di Pondok Pesantren Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur. . Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode musyawarah di Madrasah Diniyah Haji Ya'qub Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Sedangkan penerapa metode musyawarah, bila dilihat dari aspek-aspek efektifitas, yaitu 1) Aspek tugas atau fimgsi, siswa telah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik; 2) Aspek rencana atau program, bahwa program metode musyawarah berjalan sesuai dengan rencana atau program madrasah; 3) Aspek ketentuan atau aturan, bahwa siswa aktif dalam mengikuti setiap kegiatan diskusi musyawarah: dan 4) Aspek tujuan atau kondisi ideal, bahwa metode berjalan sesuai dengan tujuan didukung dengan kondisi yang nyaman, tertib dan lancar. Sehingga metode ini sangat efektif dalam meningkatkan minat siswa untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 02:31 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 02:31 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7655 |
Actions (login required)
View Item |