تأثير الوسائل التعليمية السمعية البصرية في فهم عوامل النواصب عند طلاب الفصل الثامن (أ) في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى بكديري

Nafi'ah, Dila Laila Badriyatun (2022) تأثير الوسائل التعليمية السمعية البصرية في فهم عوامل النواصب عند طلاب الفصل الثامن (أ) في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الأولى بكديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932502118_bab1.pdf

Download (648kB)
[img] Text
932502118_bab2.pdf

Download (682kB)
[img] Text
932502118_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
932502118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
932502118_bab5.pdf

Download (373kB)
[img] Text
932502118_daftar_pustaka.pdf

Download (457kB)

Abstract

ABSTRAK Nafi’ah, Dila L. B. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Pemahaman Amil Nawasib Siswa kelas VIII (A) MTsN 1 Kota Kediri. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) M. Syamsul Ma’arif M.Pd.I dan (2) Putri Kholida Faiqoh M.Pd.I Kata Kunci: Amil Nawasib, Audio Visual, Media Di Indonesia masih banyak pengajar bahasa arab yang minim dalam penggunaan media yang praktis dalam menyajikan audio khususnya pada materi qowaidun nahwiyah. Pengajar biasanya hanya menggunakan metode konvensional dalam penyampaian materi. Sedangkan siswa dalam belajar membutuhkan inovasi sebagai pembangkit semangat dan menjadikan siswa tidak bosan dalam belajar Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman siswa khususnya pada pembelajaran amil nawasib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimental design dengan one group pretest posttest. Tempat penelitian dikakukan di MTsN 1 Kota Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa MTsN 1 Kota Kediri kelas VIII A. Perlakuan eskperimen diberikan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Hasil belajar kelas tersebut berupa nilai yang diperoleh dari pretest dan posttest. Adapun sebelum uji hipotesis dilakukan adalah melakukan uji prasyarat yakni uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas. Kemudian untuk menguji hipotesis menggunakan uji non parametrik wilcoxon untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman siswa khusunya pada materi amil nawasib. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis wilcoxon yang menunjukkan hasil hitung aplikasi spss yang digunakan oleh peneliti. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 dimana nilai tersebut kurang dari taraf signifikansi 0,05. Artinya, H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi terdapat pengaruh yaitu kenaikan pemahaman pada siswa khususnya pada materi amil nawasib.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dila Laila Badriyatun Nafi'ah
Date Deposited: 02 Feb 2023 06:55
Last Modified: 02 Feb 2023 06:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7624

Actions (login required)

View Item View Item