Pengaruh Strategi Pembalajaran Humor Terhadap Short Term Memory Siswa SMAN 3 Kediri

Putri, Nur Azizah Tasya (2022) Pengaruh Strategi Pembalajaran Humor Terhadap Short Term Memory Siswa SMAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933423118_prabab.pdf

Download (603kB)
[img] Text
933423118_bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
933423118_bab2.pdf

Download (180kB)
[img] Text
933423118_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
933423118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
933423118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
933423118_bab6.pdf

Download (108kB)
[img] Text
933423118_daftarpustaka.pdf

Download (116kB)
[img] Text
933423118_suratpernyataan.pdf

Download (334kB)

Abstract

Nur Azizah Tasya Putri. 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran Humor Terhadap Short Term Memory Siswa Kelas XII SMAN 3 Kediri. Pembimbing (1) Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan (2) Fidia Astuti M.Psi. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Humor, Short Term Memory Pada proses belajar mengajar siswa melibatkan memorinya untuk mengingat materi-materi yang telah dipelajari. Apabila siswa tidak dapat fokus maka akan mempengaruhi proses mengingat pada siswa. Proses mengingat tentunya berkaitan erat dengan memori, yang salah satunya adalah short term memory. Menurut Santrock short term memory adalah sistem memori dengan kapasitas yang terbatas. Informasi yang masuk ke dalam otak melibatkan emosi positif secara mendalam akan memudahkan individu untuk mengingat, yang memicu emosi positif itu adalah humor. Dengan menyisipkan humor dalam strategi pembalajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat mengingat materi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran humor terhadap short term memory pada siswa kelas 12 SMA Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan rancangan post test only control group design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang yang merupakan siswa kelas unggulan 12 MIPA di SMA Negeri 3 Kediri. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes matematika dan manipulation check,. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Mann-Whitney U dengan menggunakan SPSS 26.00 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengolahan data secara statistik menggunakan uji Mann-Whitney U pada kelompok eskperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,024 < 0,05 nilai ini lebih kecil dibandingkan 0,05. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada perbedaan hasil tes antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran humor terhadap short term memory siswa kelas 12 SMAN 3 Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1702 Cognitive Sciences > 170201 Computer Perception, Memory and Attention
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Nur Azizah Tasya Putri
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:33
Last Modified: 19 Jan 2023 03:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7515

Actions (login required)

View Item View Item