تكوين البيئة اللّغويّة لترقيّة الطّلّاب في مهارة الكلام في مدرسة الثّانويّة الحكوميّة كاندات كديري البحث العلمى

Helmi, Irpan (2014) تكوين البيئة اللّغويّة لترقيّة الطّلّاب في مهارة الكلام في مدرسة الثّانويّة الحكوميّة كاندات كديري البحث العلمى. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502310 prabab.pdf

Download (174kB)
[img] Text
932502310 bab1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
932502310 bab2.pdf

Download (381kB)
[img] Text
932502310 bab3.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932502310 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
932502310 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
932502310 bab6.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932502310 dp.pdf

Download (96kB)

Abstract

Dari fenomena yang muncul di Indonesiam bahwa kurikulum pembelajaran Bahasa Arab belum dapat berkembang sebagai kemampuan kebahasaanm terlihat dari sebagian besar siswa belum mampu menggunakan kemampuan kebahasaan terutama kemampuan berbicara sedangkan mereka telah belajar Bahasa Arab cukup lama mulai dari tingkat Madrasah ibtida’iyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Fenomena ini telah disarankan oleh beberapa sekolah dan yayasan pendidikan. Hendaknya bagi para guru Bahasa Arab untuk memilih dan menggunakan metode yang baikdan sesua untuk pengajaran Bahasa Arab secara umum dan khususnya untuk kemempuan berbicara Bahasa Arab seperti pembentukan lingkungan berbahasa. Dan peneliti mengambil tempat penelitian terkait lingkungan berbahasa di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kedir, karena didalamnya terdapat system berasrama untuk menerapkan lingkungan berbahasa yang mana merupakan salah satu ciri khas madrasah ini. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Bagaimanakah pembentukan lingkungan berbahasa untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kediri ? 2. Bagaimanakah komunikasi siswa sehari-hari di lingkungan berbahasa untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kediri ?. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dan peneliti mengambil lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kandat. Adapun dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pembentukan lingkungan berbahasa di Madrasah Aliyah Negeri Kandat Kediri mencakup dengan berbagai macam bentuk aspek kegiatan penunjang, ketersediaan sumber daya manusia, lingkungan psikologis, lingkungan pandang, lingkungan dengar, ligkungan ucap, dan lingkungan pandang dan dengar dan lingkungan berbahasa tersebut dibagi menjadi 2 yaitu: 1. Lingkungan berbahasa resmi yaitu seluruh kegiatan belajar mengajar diruang kelas dengan materi-materi berbahasa Arab. 2. Lingkungan berbahasa tidak resmi yaitu seluruh kegiatan extrakulikuler, faktor-faktor dan segala sesuatu baik berupa materi atau ma’naw yang dapat menunjang terbentuknya lingkungan berbahasa. Sedangkan komunikasi siswa sehari-hari di lingkungan berbahasa menggunakan bahasa resmi yaitu setiap hari sabtu berbahasa Arab, selanjutnya bahasa Inggris dan begitu seterusnya hanya pada hari sabtu, dan dibentuklah disiplin yang memaksa para siswa untuk berbahasa resmi di lingkungan berbahasa tersebut dari waktu ke waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:37
Last Modified: 16 Jan 2023 03:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7483

Actions (login required)

View Item View Item