Alawy, M. Mujab (2014) تطبيق الوسائل التعليمية أفلام الكرطون باللغة العربية لترقية كتابة الإنشاء لطلاب الصف الثانى فى المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية رينجل طوبان جاوي الشرقية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932503910 pra.pdf Download (548kB) |
|
Text
932503910 bab 1,2,3.pdf Download (495kB) |
|
Text
932503910 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text
932503910 Bab 5.pdf Download (153kB) |
|
Text
932503910 daftar pustaka.pdf Download (223kB) |
Abstract
Sebagaimana yang telah kita ketahui, bahwasanya menulis karangan itu termasuk kemampuan berbahasa yang sulit, maka seorang pengajar membutuhkan tehnik mengajar dan metode pengajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa pada pelajaran bahasa Arab, diantaranya media pembelajaran film kartun arab. Media pembelajaran film kartun arab termasuk media pembelajaran yang dapat merangsang ide siswa dengan dihadirkannya film-film kartun berbahasa arab yang diperolehya dari apa yang sudah mereka lihat kedalam sebuah karangan. Dan media ini sesuai untuk pembelajaran menulis karangan karena bisa membantu siswa untuk berpikir secara aktif. Penelitian ini dari jenis PTK dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa di MAN Rengel Tuban. Tindakan ini membutuhkan dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Rumusan masalah pada penelitian ini 1) Bagaimana penerapan media pembelajaran film kartun berbahasa arab dalam belajar menulis karangan untuk siswa kelas XI di MAN Rengel Tuban?. 2)Apakah media pembelajaran film kartun berbahasa arab dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan di kelas XI di MAN Rengel Tuban?. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Dan pelaksanaannya menggunakan empat cara, diantaranya menyusun langkah-langkah dan pelaksanaan pembelajaran, observasi dan penilaian. Kesimpulan penelitian yaitu Penerapan Media Pembelajaran film kartun berbahasa arab mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas XI MAN Rengel Tuban didalam menulis karangan. Bukti sebagaimana peneliti lihat dari observasi kepada siswa adalah bahwasanya Penerapan Media Pembelajaran film kartun berbahasa arab didalam belajar menulis karangan sangat baik. Hal itu bisa dilihat dari peningkatan pemahaman siswa. Mereka menyukai cara belajar dengan media pembelajaran film kartun berbahasa arab agar tidak merasa bosan. Dengan dihadirkan film kartun dianggap dapat memunculkan ide didalam menulis karangan. Begitu juga sebagaimana kita tahu nilai rata-rata siswa pada siklus pertama 69 dengan ketuntasan siswa 47%. Dan pada siklus kedua nilai rata-rata siswa 72 dengan ketuntasan siswa 68%. Alhamdulillah peneliti dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dengan menggunakan media pembelajaran film kartun berbahasa arab untuk siswa kelas XI MAN Rengel Tuban.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040901 'Ilmu al-Nahw (Arabic Syntax and Grammar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 03:30 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 03:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7482 |
Actions (login required)
View Item |