zakariya, achmad (2023) Problematika Penggunaan Google Classroom Sebagai Sarana Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Amdadyah Ngasem Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932110816_prabab.pdf Download (479kB) |
|
Text
932110816_bab1.pdf Download (565kB) |
|
Text
932110816_bab2.pdf Download (458kB) |
|
Text
932110816_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
932110816_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text
932110816_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Text
932110816_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
932110816_daftar_pustaka.pdf Download (556kB) |
|
Text
932110816_suratpernyataan.pdf Download (312kB) |
Abstract
ABSTRAK ACHMAD ZAKARIYA, Dosen Pembimbing Novi Rosita Rahmawati M.Pd. dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. Problematika Penggunaan Google classroom Sebagai Sarana Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs Amdadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2020/2021, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Problematika, Sarana Pembelajaran, Google classroom Google classroom merupakan aplikasi pembelajaran secara online yang dapat dilakukan melalui jarak jauh sehingga guru menjadi mudah dalam memberikan materi, mengelompokkan dan membagikan tugas. Dalam penggunaan pembelajaran dengan google classroom tentu saja terdapat banyak sekali problematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan google classroom sebagai sarana pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di MTs Amdadiyah Ngasem, mengetahui problematika penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di MTs Amdadiyah Ngasem, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam menghadapi problematika penggunaan google classroom sebagai sarana pembelajaran PAI pada masa pandemi covid-19 di MTs Amdadiyah Ngasem. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan Google Classroom dilakukan sama dengan pembelajaran tatap muka yakni dimulai dengan pembuka, inti, penutup dan evaluasi. 2) problematika pembelajaran Google Classroom meliputi problematika Sumber Daya Manusia (SDM), problematika siswa, problematika penguasaan materi dan problematika lingkungan keluarga. 3) upaya pihak sekolah dan guru PAI di MTs Amdadiyah Ngasem dalam menghadapi problematika SDM antara lain mengadakan workshop dan melaksanakan supervisi, kemudian problematika siswa pembelajaran di grup WhatsApp, menjelaskan ulang materi, mengadakan pertemuan skala kecil, kemudian upaya siswa yaitu bertanya kepada guru, mencari materi di sosial media, Youtobe, google dan buku LKS/Paket. terkait problematika penguasaan materi yaitu dengan cara mencari referensi dari berbagai sumber. Yang terakhir problematika lingkungan keluarga dengan membuat grup WhatsApp khusus wali kelas dan wali murid, datang ke sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Achmad Zakaria |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 08:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 08:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7434 |
Actions (login required)
View Item |