Cahyani, Aghnia (2022) تطوير مواد تعليم اللغة العربية في مادة التركيب على أساس منهج 2013 في المدرسة الثانوية دكتور مستعين روملي بايامان سولوكورو لامونجان. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92301020001_prabab.pdf Download (817kB) |
|
Text
92301020001_bab1.pdf Download (602kB) |
|
Text
92301020001_bab2.pdf Download (535kB) |
|
Text
92301020001_bab3.pdf Download (705kB) |
|
Text
92301020001_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92301020001_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
|
Text
92301020001_bab6.pdf Download (295kB) |
|
Text
92301020001_daftarpustaka.pdf Download (140kB) |
Abstract
Bahan ajar adalah seperangkat bahan atau bahan pembelajaran yang disusun secara sistematis dan menyajikan kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam proses pembelajaran. Pihak sekolah pasti sudah menyediakan berbagai materi pendidikan, biasanya berupa buku pelajaran dan Lembar Kerja Siswa (LKS), namun terkadang ada beberapa sekolah yang hanya menyediakan LKS saja. Seperti kita ketahui bahwa materi dalam LKS sangat sedikit dan tidak lengkap. Siswa dengan kemampuan rendah akan kesulitan dalam memahami materi terutama komposmateri tarkib yang merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam memahami bahasa Arab. Peneliti menggunakan pendekatan pengembangan (R&D) yang mengacu pada model Borg dan Gall. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penggunaan materi tarkib di SMP Dr. Musta'in Romli; 2) untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan buku ajar materi tarkib di SMP Dr. Musta’in Romli; 3) untuk mengetahui perkembangan hasil pembelajaran melalui pengembangan bahan ajar bahasa Arab pada materi tarkib di SMP Dr. Musta’in Romli. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) Pembelajaran bahasa Arab di SMP Dr. Musta'in Romli Payaman Solokuro Lamongan berdasarkan kurikulum 2013; 2) Proses pengembangan buku ajar bahasa Arab pada materi tarkib mengikuti prosedur pengembangan model Borg and Gall yang meliputi 10 teknik; 3) Proses pembelajaran yang menggunakan produk bahan ajar mendapat nilai rata-rata 93,05, sedangkan proses pembelajaran yang tidak menggunakan produk mendapat nilai rata-rata 22,73.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aghnia Cahyani |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 07:07 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 07:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7368 |
Actions (login required)
View Item |