Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Input Peserta Didik Di MIS Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri

Fauziah, Nur Anisa (2022) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Input Peserta Didik Di MIS Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932401418_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932401418_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
932401418_bab2.pdf

Download (423kB)
[img] Text
932401418_bab3.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932401418_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932401418_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932401418_bab6.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932401418_daftarpustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text
932401418_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Anisa Fauziah (NIM : 932401418). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Input Peserta Didik di MIS Al-Irsyad AlIslamiyyah Kota Kediri. Skripsi Program Strata 1 (S1) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data mengenai strategi bauran pemasaran sebagai alat promosi sebagai produk unggulan yang dilakukan oleh sekolah MIS Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Kediri dalam meningkatkan jumlah peserta didik. Strategi bauran pemasaran lebih menekankan pada 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence and Process). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian datan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah MIS Al-Irsyad AlIslamiyyah telah menerapkan strategi pemasaran pendidikan yang cukup baik, beberapa program dan pelayanan yang ditawarkan dapat menarik minat masyarakat. Dari 7P dihasilkan: 1.) Product, terdapat program unggulan yaitu Tahfizhul Al-qur’an; 2.) Price, penentuan biaya sesuai dengan layanan serta fasilitas yang diberikan; 3.) Place, bahwa lokasi MIS Al-Irsyad cukup terbilang strategis karena berada di pinggir jalan raya yang dilalui oleh kendaraan umum; 4.) Promotion, kegiatan promosi yang dilakukan ada dua macam yaitu Offline dan Online. Promosi yang dilakukan secara offline yaitu dengan pemasangan banner, pembagian brosur, kerjasama dengan lembaga level dibawahnya seperti RA AlIrsyad dan penjualan antar pribadi. Sedangkan promosi yang dilakukan secara online yaitu dengan menggunakan media eletronik seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Website. 5.) Physical Evidence(fasilitas fisik), pelayanan fisik yang telah diberikan dari sekolah ini adalah berupa sarana-prasarana yang menunjang proses pembelajaran dan efisiensinya kegiatan para siswa seperti ruangan kelas dengan AC, kipas angin, meja dan kursi siswa, perpustakaan, masjid, laboratorium komputer, WiFi, UKS, lapangan olahraga, area parkir, kantin dan kamar mandi; 6.) People, Kegiatan promosi yang dilakukan sekolah berjalan cukup baik dan dikelola secara terpusat oleh pihak yayasan dan dibantu oleh kepala sekolah dan para guru; 7.) Process, Pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan kurikulum K13.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nur Anisa Fauziah
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:06
Last Modified: 26 Dec 2022 08:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7274

Actions (login required)

View Item View Item