Ainaya, Vega Khikmatul (2022) Pesan Dakwah Pada Akun TikTok @Huseinjafar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933509518_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
933509518_bab1.pdf Download (633kB) |
|
Text
933509518_bab2.pdf Download (675kB) |
|
Text
933509518_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
Text
933509518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (704kB) |
|
Text
933509518_bab5.pdf Download (206kB) |
|
Text
933509518_daftarpustaka.pdf Download (249kB) |
|
Text
933509518_suratpernyataan.pdf Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin berkembangnya media sosial, salah satunya yakni media sosial TikTok, TikTok merupakan video pendek yang memiliki berbagai macam fitur dan konten menarik dan bervariasi. Namun sebagian masyarakat beranggapan bahwa dalam media sosial TikTok banyak mengandung konten-konten negative. Padahal dalam media sosial TikTok juga terdapat banyak konten positif, salah satunya yakni yang ada pada akun TikTok @Huseinjafar. Dalam akun TikTok @Huseinjafar terdapat banyak konten berisi keagamaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi konotasi dan mitos yang ada pada akun TikTok @Huseinjafar serta mengetahui pesan dakwah pada akun Tiktok @Huseinjafar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research, Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer berupa konten video yang ada pada akun TikTok @Huseinjafar dan sumber data sekunder berupa buku-buku, artikel, serta literatur yang relevan untuk memperkuat hasil penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi dan dokumentasi, serta teknik analisis data menggunakan analisis semiotika model Roland Barthes. Dengan menggunakan analisis semiotika teori Roland Barthes, peneliti dapat mengetahui makna dakwah serta pesan-pesan dakwah yang terkandung pada akun TikTok @Huseinjafar. Dari hasil penelitian ini terdapat makna denotasi pada akun TikTok @Huseinjafar berupa audio visual yang mengandung pesan seputar keagamaan dan dikemas dengan kreatif, menarik, dan sebagian mengandalkan teks dalam video tersebut. Sedangkan makna konotasinya adalah menggambarkan pesan dakwah yang menjadi fenomena keseharian masyarakat saat ini. Dan mitosnya adalah untuk mengajak berbuat kebaikan dalam hal sekecil apapun. Dan mengandung pesan dakwah akidah dorongan untuk bersyukur, yaitu dengan mengingat Allah, taat kepada Allah, dan percaya terhadap takdir Allah yaitu dengan berusaha sungguh-sungguh dan menyerahkan semua kepada Allah, pesan syari’ah yaitu pentingnya membaca Al-Qur’an, dan pesan akhlak yaitu menjalani Sunnah Nabi SAW yakni dengan menggunakan pakaian putih, menjaga lisan untuk tidak menjelekkan orang lain dan berbakti kepada orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Vega Khikmatul Ainaya |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 08:10 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 08:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7196 |
Actions (login required)
View Item |