Dampak e-commerce tiktok shop terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa prodi ekonomi syariah 2018 IAIN Kediri

Fitria, Lailatul (2022) Dampak e-commerce tiktok shop terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa prodi ekonomi syariah 2018 IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931323218_PRABAB.pdf

Download (991kB)
[img] Text
931323218_BAB1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
931323218_BAB2.pdf

Download (537kB)
[img] Text
931323218_BAB3.pdf

Download (214kB)
[img] Text
931323218_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
931323218_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
931323218_BAB6.pdf

Download (192kB)
[img] Text
931323218_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Lembar20Persetujuan%20Publikasi.pdf

Download (105kB)

Abstract

LAILATUL FITRIA, Dosen Pembimbing Dr. Hj Naning Fatmawatie, SE.,MM. dan Yopi Yudha Utama MSA. “Dampak E-commerce Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah 2018 IAIN Kediri”. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: E-commerce Tiktok shop, Perilaku Konsumtif, dan Dampak E-commerce merupakan suatu aktivitas transaksi jual beli yang dilakukan melalui internet. Tik Tok Shop merupakan platform E-commerce sebagai fitur baru dari Tik Tok yang mana penggunanya dapat melakukan transaksi online atau belanja online. Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku yang lebih mementingkan gaya hidup dan kepuasan semata daripada kebutuhan. Mahasiswa/remaja pada saat ini, tidak asing dengan era digital atau media sosial apalagi mengenai E-commerce dengan kemudahan-kemudahan dan tawaran-tawaran menarik dari E-commerce memungkinkan mahasiswa dapat membeli produk atau jasa secara online. Sehingga dalam penelitian ini, peneliti mempunyai tujuan untuk mengetahui penggunaan E- commerce tiktok shop, perilaku konsumtif mahasiswa, dan dampak penggunaan E-commerce TikTok shop terhadap perilaku konsumtif mahasiswa prodi ekonomi syariah 2018 IAIN Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-commerce Tiktok shop Mahasiswa prodi ekonomi syariah 2018 dalam penggunaannya selain berbelanja secara online namun juga mahasiswa sering melakukan pembelian ditiktok shop, mereka menyatakan bahwa tertarik bahkan beralih belanja secara online menggunakan TikTok shop dikarenakan kemudahan dan kelebihan serta kelengkapan fitur yang ditawarkan oleh tiktok. Menurut mereka perilaku konsumtif sering terjadi pada kehidupan sehari-hari dan pada penggunaan E-commerce dalam hal berbelanja atau mengkonsumsi barang yang dialami mahasiswa seperti ingin memenuhi keinginan yang berlebihan, ingin mengikuti tren yang sedang booming, ingin mengkoleksi dan menilai produk A dan B, dan berperilaku konsumtif karena adanya tawaran menarik dan kelebihan yang diberikan E-commerce seperti adanya promo, diskon, gratis ongkir dan kemudahn lainnya. Akibat penggunaan E-commerce tiktok shop dengan perilaku konsumtif tersebut menimbulkan dampak negative banyak barang-barang yang dibeli menjadi tidak produktif, mempunyai sifat yang selalu kurang puas, mengkonsumsi barang untuk kepuasan sesaat saja sehingga tidak memikirka kebutuhan yang akan datang dan pola hidup yang boros.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatul Fitria
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:39
Last Modified: 23 Dec 2022 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item