Erawati, Erna (2022) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gender Dan Hasil Belajar Matematika. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932301318_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932301318_bab1.pdf Download (505kB) |
|
Text
932301318_bab2.pdf Download (609kB) |
|
Text
932301318_bab3.pdf Download (379kB) |
|
Text
932301318_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932301318_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
932301318_bab6.pdf Download (205kB) |
|
Text
932301318_daftarpustaka.pdf Download (430kB) |
Abstract
ABSTRAK ERNA ERAWATI, Dosen Pembimbing DWI SHINTA RAHAYU, M.Pd dan DEWI HAMIDAH, S.Si., M.Pd., Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gender dan Hasil Belajar Matematika, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2022. Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Gender, Hasil Belajar Matematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (Sugiyono,2013) ada beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang dilakukan di kelas VIII-C SMPN 2 Plosoklaten yang berjumlah 33 siswa. Setelah peneliti memperoleh data dokumentasi hasil belajar matematika pada Penilaian Akhir semester (PAS) ganjil TA 2021/2022, kemudian diambil 6 subjek yaitu 2 siswa (laki-laki dan perempuan) dengan hasil belajar matematika tinggi, 2 siswa (lakilaki dan perempuan) dengan hasil belajar matematika sedang, dan 2 siswa (lakilaki dan perempuan) dengan hasil belajar matematika rendah yang kemudian dianalisis hasil jawaban tes tulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil belajar matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan gender laki-laki dan perempuan yaitu mampu memenuhi keempat indikator komunikasi matematis serta memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan sangat baik, (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil belajar matematika sedang dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan gender laki-laki yaitu mampu memenuhi dua indikator komunikasi matematis serta memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan cukup baik, sedangkan perempuan yaitu mampu memenuhi keempat indikator komunikasi matematis serta memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan sangat baik. (3) Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil belajar matematika rendah dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar berdasarkan gender laki-laki yaitu mampu memenuhi satu indikator komunikasi matematis serta memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan kurang baik, sedangkan perempuan yaitu mampu memenuhi tiga indikator komunikasi matematis serta memiliki kemampuan komunikasi matematis tertulis dan lisan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Erna Erawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 03:29 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 03:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7013 |
Actions (login required)
View Item |