Puspitarini, Muntiana (2022) Tinjauan Khiyar Terhadap Praktek Jasa Pencucian Pakaian(Binatu) Studi Kasus Detergent Laundry Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931205118_PRABAB.pdf Download (679kB) |
|
Text
931205118_BABI.pdf Download (400kB) |
|
Text
931205118_BABII.pdf Download (593kB) |
|
Text
931205118_BABIII.pdf Download (204kB) |
|
Text
931205118_BABIV.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
931205118_BABV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text
931205118_BABVI.pdf Download (9kB) |
|
Text
931205118_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (397kB) |
|
Text
931205118_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
|
Text
931205118_suratpernyataan.pdf Download (341kB) |
Abstract
Pada Binatu Detergent laundry memiliki pelayanan yang cukup bagus yaitu rapi dan wangi dalam melakukan pelayanan. Namun masih banyak ditemui keluhan dari konsumen seperti pakaian lutur, rusak, tertukar bahkan sampai pakaian hilang. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif-kualitatif. Pengambilan data melalui wawancara, observasi dan didukung dengan data dokumentatif serta literatur pendukung yang relavan. Wawancara dilakukan dengan tiga narasumber yaitu owner, karyawan serta pelanggan yang bermasalah di Detergent Laundry cabang Kediri. Pada bagian paparan data, penulis memperoleh data dari lapangan kemudian dianalisis. Teknik analisis data meliputi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pada praktik jasa binatu di detergent laundry dari segi pelayanan komplain yang diberikan pihak laundry kepada konsumen belum menerapkan hak khiyar secara utuh apabila dilihat dari pertanggung jawaban yang belum adil hanya menguntungkan salah satu pihak, dan seringkali karyawan dalam melaksanakan tugasnya melakukan kecerobohan sehingga adanya pakaian yang tertukar bahkan sampai hilang. Sedangkan ditinjau dari penerapan hak khiyar aib, pihak Laundry sudah menerapkan hak khiyar namun belum seimbang jika dilihat dari segi tujuan hak khiyar, hal tersebut terbukti dari adanya pemberian hak kepada konsumen untuk menukar cucian yang telah diterimanya apabila cucian tersebut ada yang tidak sesuai atau tertukar dengan konsumen lainnya karena kelalaian karyawan namun konsumen mendapatkan pertanggung jawaban yang tidak sebanding dengan kerugian, sedangkan dari segi penerapan hak khiyar syarat pihak laundry memberikan ganti rugi kepada pelanggan yang mengalami keluhan dengan syarat dan ketentuan yang tertulis pada nota dan diberi batas waktu komplain 24 jam setelah pengambilan pakaian.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012704 Khiyar (Hak Pilih dalam Perdagangan) 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1802 Maori Law > 180203 Te Tiriti o Waitangi (The Treaty of Waitangi) |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muntiana Puspitarini |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 07:15 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 07:15 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/7010 |
Actions (login required)
View Item |