Sari, Adinda Permata (2022) Strategi Pengembangan UKM Bakpao Kimyen Kediri Melalui Analisis SWOT Dalam Meningkatkan Penjualan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931330518_prabab.pdf Download (927kB) |
|
Text
931330518_bab1.pdf Download (660kB) |
|
Text
931330518_bab2.pdf Download (555kB) |
|
Text
931330518_bab3.pdf Download (301kB) |
|
Text
931330518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
|
Text
931330518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
|
Text
931330518_bab6.pdf Download (151kB) |
|
Text
931330518_daftarpustaka.pdf Download (379kB) |
|
Text
931330518_suratpernyataan.pdf Download (345kB) |
Abstract
Perkembangan di era modern saat ini ukm-ukm terus mengalami kemajuan, terutama ukm di bidang kuliner yang merupakan sebuah industri kreatif. Di Kediri juga memiliki kuliner khas atau jajanan yang banyak diminati masyarakatnya, yakni bakpao kimyen. Masyarakat di Kediri sudah tidak asing lagi dengan Bakpao Kimyen, berdasarkan data kuisioner perbandingan minat konsumen pada bakpao-bakpao yang ada di Kediri, bahwa Bakpao Kimyen menunjukkan hasil 71,9% memilih Bakpao Kimyen dari 32 responden. Pada tahun 2020 adanya pandemi covid_19 dimana perekonomian mengalami penurunan drastis karena fenomena tersebut namun Bakpao Kimyen justru mengalami peningkatan. Dalam penelitian ini digunakan analisis SWOT sebagai alat untuk mengetahui dan merumuskan strategi pada UKM Bakpao Kimyen Kediri. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usahanya dan analisis SWOT pada UKM Bakpao Kimyen Kediri dalam meningkatkan omzet penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti di lapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT dapat meningkatkan omzet penjualan UKM Bakpao Kimyen Kediri. Analisis SWOT membantu UKM untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, dan ancaman digunakan untuk menyusun strategi yang tepat dalam upaya meningkatkan omzet penjualan. Hasil dari analisis SWOT bahwa UKM Bakpao Kimyen menggunakan strategi ST (Strenght-Threats) yakni menggunakan kekuatan dalam meminimalisisir kelemahan dan ancaman dengan mempertahankan pada kualitas produk agar memiliki khas tersendiri dari. Dimana UKM Bakpao Kimyen Kediri mengenali strategi yang telah ada sebelumnya, tidak berdasarkan organisasi atau lingkungan eskternal melainkan strategi warisan yang sudah ada sejak lama.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Adinda Permata Sari |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 07:26 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 07:26 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6942 |
Actions (login required)
View Item |