Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Mapel PAI Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pare

Imroatul, Azizah (2022) Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Mapel PAI Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932104618_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932104618_Bab1.pdf

Download (578kB)
[img] Text
932104618_Bab2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932104618_Bab3.pdf

Download (351kB)
[img] Text
932104618_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
932104618_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
932104618_Bab6.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932104618_daftar_pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932104618_suratpernyataan.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Imroatul. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Masa Pandemi Mapel PAI Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pare. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag dan Agus Dwi Santoso, M.Pd.I. Kata Kunci : Penerapan, Blended Learning, Masa Pandemi Pendidikan merupakan suatu usaha yang dengan sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anak yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, jasmani dan akhlak sehingga secara perlahan bisa mengantarkan anak kepada tujuan dan cita-citanya yang paling tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang berdampak buruk pada bidang pendidikan. Pembelajaran yang semula dilakukan dengan tatap muka diganti sepenuhnya dengan belajar secara daring. Setelah berjalan kira-kira 1 tahun dengan menggunakan pembelajaran daring, pada era New Normal ini sebagian sekolah di Indonesia kembali menerapkan sistem pembelajaran luring. Pemerintah memberi izin kepada sebagian sekolah yang kembali menggunakan sistem pembelajaran tatap muka atau luring dengan syarat harus mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Dengan menerapkan model pembelajaran blended learning ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi pendidikan pada saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kondensasi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitiannya yaitu : (1) Pelaksanaan pembelajaran luring pada mapel PAI kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pare menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi Sedangkan pembelajaran daring pada mapel PAI kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pare menggunakan aplikasi yang WatshAap, Google Classroom, Zoom Meeting. Akan tetapi guru boleh menggunakan aplikasi lain seperti Youtube dan Google Meet. (2) Faktor pendukung penerapan model blended learning diantaranya; sarana dan prasarana yang memadai, penggunaan metode, serta penggunaan aplikasi yang tepat dalam pembelajaran daring. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masalah jaringam internet. (3) Dampak yang ditimbulkan dari penerapan model blended learning di SMA Negeri 2 Pare adalah meningkatnya motivasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Depositing User: Imroatul Azizah
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:49
Last Modified: 22 Nov 2022 06:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6915

Actions (login required)

View Item View Item