Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di MTs Plus Madinatul Mubtadi ien Ngadiluwih Kediri

Mukarromah, Elvya (2022) Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di MTs Plus Madinatul Mubtadi ien Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932115618_bab1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
932115618_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932115618_bab2.pdf

Download (206kB)
[img] Text
932115618_bab3.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932115618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
932115618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
932115618_bab6.pdf

Download (50kB)
[img] Text
932115618_daftarpustaka.pdf

Download (115kB)
[img] Text
932115618_suratpernyataan.pdf

Download (359kB)

Abstract

ABSTRAK Elvya Mukarromah, 2022. Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dengan Model Cipp(Contex, Input, Process, Product) Pada Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam Di Mts Plus Madinatul Mubtadi-Ien Ngadiluwih Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I. Kata Kunci: Evaluasi, Kurikulum 2013, Model CIPP, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana konteks (context) pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Plus Madinatul Mubtadiien Ngadiluwih Kediri. 2) Bagaimana masukan (input) pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Islam di MTs Plus Madinatul Mubtadiien Ngadiluwih Kediri. 3) Bagaimana proses (process) pelaksanaan Kurikuum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Plus Madinatul Mubtadiien Ngadiluwih Kediri. 4) Bagaimana produk (product) pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Plus Madinatul Mubtadi ien Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluasi model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam dkk. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen 1) konteks (context) pelaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di MTs Plus Madinatul Mubtadi ien Ngadiluwih Kediri sudah cukup baik yaitu pendidik sudah mengetahui mengenai tujuan, manfaat dan sasaran mata pelajaran PAI sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 walaupun masih ada kendala yang dialami oleh peserta didik dalam pelaksanaannya. 2) masukan (Input) mengenai sumber daya manusia menunjukkan kriteria baik kelengkapan sarana prasarana cukup baik, tetapi terkendala pada LCD proyektor yang hanya satu untuk semua kelas, komponen kurikulum sudah tercapai dengan baik. Secara umum RPP telah dibuat sesuai dengan standar yang ditentukan. 3) Proses (Process) mengenai pengelolaan kurikulum berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kompetensi guru yang mencakup kompetensi profesional, sosial, pedagogik dan kepribadian telah dikuasai oleh guru. 4) Produk (Product) mengenai penilaian hasil belajar peserta didik menunjukkan hasil antara 70-90 dalam ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap. Budaya akademik peserta didik terbangun dengan pembiasaan dan strategi pembelajaran yang sesuai. Kompetensi lulusan peserta didik juga menunjukkan hasil baik dengan nilai 70-90. Dan rata-rata lulusan MTs Plus Madinatul Mubtadi ien melanjutkan studi ke jenjang Madrasah Aliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elvya Mukarromah
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:04
Last Modified: 14 Nov 2022 07:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6831

Actions (login required)

View Item View Item