Basyiroh, Hidayatul (2022) Analisis Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Pada Pembelajaran Daring Dan Luring Di Kelas II SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932608118_prabab.pdf Download (802kB) |
|
Text
932608118_bab1.pdf Download (337kB) |
|
Text
932608118_bab2.pdf Download (512kB) |
|
Text
932608118_bab3.pdf Download (433kB) |
|
Text
932608118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932608118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text
932608118_bab6.pdf Download (183kB) |
|
Text
932608118_daftarpustaka.pdf Download (416kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran daring dan luring karakter disiplin menjadi salah satu karakter yang ada pada Kompetensi Inti (KI)-2 sikap sosial menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan negara. Pada tahun 2020 pemerintah Indonesia memberlakukan sosial distancing kepada masyarakat yang disebabkan oleh meluasnya virus Covid-19. Akibat wabah tersebut banyak sekolah-sekolah yang melakukan pembelajaran melalui daring. Demikian tersebut pembentukan karakter disiplin siswa pada pembelajaran yang dapat dibentuk secara luring akan beralih pada daring. Berdasarkan hal ini guru kelas menjadi aktor utama dalam membentuk karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring dan luring. Penelitin ini bertujuan 1) untuk mengetahui pembentukan karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring dan luring di kelas II SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. 2) untuk mengetahui kendala dan solusi pembentukan karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring dan luring di kelas II SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian meliputi : 1) Pembentukan karakter disiplin siswa pada pembelajaran daring dan luring di kelas II SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri yakni keteladanan, pemberian hadiah, pemberian sanksi, buku penghubung dan pembiasaan. Pada pembelajaran daring guru kelas II tidak menggunakan buku penghubung. 2) Kendala dan solusi pembentukan karakter disiplin pada pembelajaran daring dan luring di kelas II SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri yakni keterbatasan guru kelas II dalam menerapkan metode pembentukan karakter disiplin pada pembelajaran daring. Sedangkan pada pembelajaran luring terdapat karakter siswa yang berbeda-beda dimana kebisaan di rumah diterapkan di sekolah. Solusi yang dapat diterapkan yakni memberikan teguran, nasihat, motivasi , dan mengguhkan kerjasama dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hidayatul Basyiroh |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 02:28 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6806 |
Actions (login required)
View Item |