Sa'diyah, Laily Robiatus (2022) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II MI Nasyiatul Mubtadiin Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932609518_prabab.pdf Download (750kB) |
|
Text
932609518_bab1.pdf Download (577kB) |
|
Text
932609518_bab2.pdf Download (412kB) |
|
Text
932609518_bab3.pdf Download (672kB) |
|
Text
932609518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (655kB) |
|
Text
932609518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text
932609518_bab6.pdf Download (287kB) |
|
Text
932609518_daftarpustaka.pdf Download (297kB) |
|
Text
932609518_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text
932609518_suratpernyataan.pdf Download (265kB) |
Abstract
Sebagaimana yang diketahui lingkungan teman sebaya merupakan suatu komunikasi yang terjalin diantara orang-orang yang memiliki usia dan tingkat kematangan yang sama. persoalan yang sering terjadi terkait lingkungan teman sebaya diantaranya: interaksi antara peserta didik yang ngobrol pada saat jam pelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan peserta didik yang lain juga ikut terpengaruh. Namun ada juga peserta didik yang rajin mengajak untuk mengerjakan tugas. Berawal dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul”pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa”.Tujuan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Mengungkapkan tingkat lingkungan teman sebaya di MI Nasyiatul Mubtadiin Wates, (2) Mengungkapkan tingkat hasil belajar siswa di MI Nasyiatul Mubtadiin Wates, (3) Mengungkapkan adanya pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif-induktif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana serta jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Nasyiatul Mubtadiin Wates yang berjumlah 114 siswa sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 55 siswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Nasyiatul Mubtadiin Wates. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa kuesioner dari indikator lingkungan teman sebaya dan dokumentasi berupa nilai rata-rata UTS siswa, Analisis data yang digunakan Yaitu Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi Koefisiensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat Lingkungan Teman Sebaya Siswa (X) Kelas II MI Nasyiatul Mubtadiin Wates apabila dijumlahkan total keseluruhan indikator terletak pada klasifikasi sedang dengan nilai rata-rata 82,78.(2) Tingkat Hasil Belajar Siswa (Y) Kelas II MI Nasyiatul MubtadiinWates termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 77,80.(3) Adanya pengaruh lingkungan teman sebaya (X) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas II MI Nasyiatul Mubtadiin Wates dengan persentase 10,4 % sedangkan sisanya 80,6 % dipengaruhi oleh variabel lain dan dalan Uji F diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,017 < 0,05 dan nilai Fhitung 6,125 > 4,023. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak yang berarti terdapat pengaruh variabel Lingkungan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Laily Robiatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 07:49 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 07:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6736 |
Actions (login required)
View Item |