Gambaran Kelekatan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Guru Di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih

Mazidah, Meliana (2021) Gambaran Kelekatan Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Guru Di SLB Nurul Ikhsan Ngadiluwih. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933403814_prabab.pdf

Download (682kB)
[img] Text
933403814_bab1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
933403814_bab2.pdf

Download (146kB)
[img] Text
933403814_bab3.pdf

Download (75kB)
[img] Text
933403814_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
933403814_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
933403814_bab6.pdf

Download (53kB)
[img] Text
933403814_daftarpustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Kata kunci: Kelekatan, AnakBerkebutuhanKhusus, Guru Kelekatan adalah suatu hubungan emosional antara satu individu dengan individu lainnya yang mempunyai arti khusus, hubungan yang dibina akan bertahan cukup lama dan memberikan rasa aman dan menumbuhkan rasa percaya diri. Kelekatan adalah ikatan kasih sayang yang berkembang antara anak dan pengasuhnya. Pengasuh dalam hal ini adalah guru, sebagai orang tua pengganti ketika siswa berada di sekolah. Anak berkebutuhan khusus membutuhkan fasilitas tumbuh kembang khusus agar memiliki hak untuk mendapatkan penghormatan atas integritas mental dan fisik berdasarkan kesamaan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelekatan anak berkebutuhan khusus dengan guru dan faktor apa yang mempengaruhi kelekatan anak berkebutuhan khusus dengan guru di SLB Nurul IkhsanNgadiluwih. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang yang merupakan guru kelas dan guru pendamping di kelas siswa taman kanak-kanak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswanya terjalin sangat lekat karena sudah melalui proses dan aspek-aspek yang mendasari kelekatan. Hal tersebut dapat dilihat pada tumbuhnya kepercayaan antara mereka terjalin kuat dalam membentuk kelekatan dan menjalin hubungan yang baik dengan menciptakan aktivitas yang dilakukan bersama diluar jam mengajar serta melibatkan anak dalam komunikasi, sehingga kepercayaan tersebut dapat mempermudah siswa dalam berinteraksi dengan gurunya. Faktor yang mempengaruhi kelekatan anak berkebutuhan khusus pada siswa taman kanak-kanak dengan guru adalah terjalinnya komunikasi yang menimbulkan rasa nyaman pada siswa. Faktor yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah faktor lingkungan. Hal itu sesuai pada temuan penelitian yang dimana di sekolah tersebut menciptakan kegiatan-kegiatan untuk siswanya dalam membentuk kelekatan dengan gurunya terutama pada anak taman kanak-kanak yang masih adaptasi dengan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Meliana Mazidah
Date Deposited: 10 Oct 2022 01:42
Last Modified: 10 Oct 2022 01:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6476

Actions (login required)

View Item View Item