Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kitab Hadis 9 Imam Dan Mausu’ah Al-Hadis Al-Syarif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MAN 2 Kota Kediri Pada Materi Takhrij Al-Hadis

Maftukhah, Hannal (2022) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kitab Hadis 9 Imam Dan Mausu’ah Al-Hadis Al-Syarif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MAN 2 Kota Kediri Pada Materi Takhrij Al-Hadis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932102318_bab1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932102318_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932102318_bab3.pdf

Download (461kB)
[img] Text
932102318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
932102318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932102318_bab6.pdf

Download (134kB)
[img] Text
932102318_daftarpustaka.pdf

Download (225kB)

Abstract

Salah satu tujuan mempelajari ilmu takhrij al-hadis adalah siswa diharapkan mampu mencapai kompetensi dasar berupa mengevaluasi penelitian hadis dengan beberapa metode takhrij dan mendemonstrasikan takhrij hadis pilihan secara logis dan sistematis. Melihat begitu pentingnya ilmu tersebut dipelajari, maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat agar dapat terserap dengan baik oleh peserta didik. Penggunaan aplikasi kitab hadis 9 imam dan mausu’ah al-hadis al-syarif merupakan contoh real penggunaan alat peraga dalam pembelajaran sebagai alternatif metode pembelajaran yang baik digunakan oleh pendidik, utamanya mereka yang berkecimpung dalam bidang ilmu hadis. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi kitab hadis 9 imam terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 kota Kediri pada materi takhrij al-hadis; (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi mausu’ah al-hadis al-syarif terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 kota Kediri pada materi takhrij al-hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian esperimental method. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang utama pada penelitian ini menggunakan tes, sedangkan pendukungnya menggunakan angket dan wawancara. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis (yang dalam penelitian menggunakan uji wilcoxon). Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa penggunaan aplikasi kitab hadis 9 imam berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 kota Kediri pada materi takhrij al-hadis dengan perolehan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan penggunaan aplikasi mausu’ah al-hadis al-syarif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 kota Kediri dengan materi yang sama, hal itu dibuktikan melalui nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yang didapat yakni sebesar 0,304 > 0,05. Hasil tersebut mendukung teori uses dan gratification dari Kazt dan Gurevic.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hannal Maftukhah
Date Deposited: 05 Oct 2022 04:41
Last Modified: 05 Oct 2022 04:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6444

Actions (login required)

View Item View Item