Pengaruh Adversity Quotient Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 3 Kota Kediri

Alifah, Husnul (2022) Pengaruh Adversity Quotient Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932141618_prabab.pdf

Download (597kB)
[img] Text
932141618_bab1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
932141618_bab2.pdf

Download (538kB)
[img] Text
932141618_bab3.pdf

Download (631kB)
[img] Text
932141618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
932141618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932141618_bab6.pdf

Download (215kB)
[img] Text
932141618_daftar_pustaka.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932141618_suratpernyataan.pdf

Download (374kB)

Abstract

Husnul Alifah, 2022. Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Nila Zaimatus Septiana, M.Pd. : PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 3 KOTA KEDIRI. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Kata Kunci : Adversity Quotient, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar. Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran kemampuan baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik dari peserta didik yang diperoleh dari kegiatan dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan instrumen-instrumen yang relavan. Data dilapangan menunjukkan bahwa siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Kota Kediri dikategorikan memiliki prestasi belajar yang cukup baik. Peneliti berasumsi bahwa pretasi belajar dipengaruhi dengan adversity quotient dan minat belajar. Adversity quotient merupakan kemampuan peserta didik dalam mengamati dan mengolah kesulitan dalam pembelajaran dengan kecerdasan yang dimilikinya,. Sedangkan minat belajar merupakan keadaan ketika seseorang menaruh perhatian pada sesuatu yang disertai dengan keinginan untuk mengetahui, memiliki, memperlajari, dan membuktikan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adakah pengaruh adversity quotient terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 3 Kota Kediri. 2) Mengetahui adakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMAN 3 Kota Kediri. 3) Mengetahui adakah pengaruh adversity quotient dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMAN 3 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan desain korelasional. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Kota Kediri. Populasi pada penelitian berjumlah 101 dengan sampel 81 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penentuan jumlah sampel tersebut menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Slovin. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen Adversity Quotient disusun berdasarkan teori Stoltz, Minat Belajar disusun berdasarkan teori Safari. Sedangkan prestasi belajar PAI menggunakan hasil nilai UTS pada tahun ajaran 2021/2022. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara adversity quotient terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) = 0,359 dan koefisien determinasi sebesar 12,9% dan sisanya sebesar 87,1% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar, dengan koefisien korelasi (R) = 0,278 dan koefisien determinasi menunjukkan sebesar 7,7% dan sisanya sebesar 92,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Ada pengaruh yang positif yang signifikan antara adversity quotient dan minat belajar terhadap prestasi belajar dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Dengan hasil penelitian bahwa koefisien korelasi (R) yaitu sebesar 0,363 dan nilai pada koefisien determinasi menunjukkan angka sebesar 0,131 atau sebesar 13,1% dan sisanya sebesar 86,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husnul Alifah
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:12
Last Modified: 13 Dec 2022 04:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6304

Actions (login required)

View Item View Item