Nurmaidah, Yuyun (2022) Peran Education Management Information System (EMIS) Bagi Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan Di MAN 4 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932407718_Prabab.pdf Download (512kB) |
|
Text
932407718_Bab1.pdf Download (315kB) |
|
Text
932407718_Bab2.pdf Download (311kB) |
|
Text
932407718_Bab3.pdf Download (250kB) |
|
Text
932407718_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text
932407718_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
|
Text
932407718_Bab6.pdf Download (94kB) |
|
Text
932407718_Daftarpustaka.pdf Download (226kB) |
|
Text
932407718_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
|
Text
932407718_Suratpernyataan.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan informasi sebagai media pengumpulan data yang memiliki peranan penting dakam menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Peran EMIS diharapkan data yang masuk menjadi lebih akurat dan update sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan sebuah keputusan. Untuk itu peran data dalam pengambilan keputusan sangat penting. Di MAN 4 Kediri EMIS mempunyai peran besar dalam pengambilan keputusan oleh kepala sekolah dikarenakan EMIS memiliki sumber data yang besar mengenai kebutuhan madrasah. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kondisi EMIS di MAN 4 Kediri, (2) Untuk mengetahui pengelolaan EMIS di MAN 4 Kediri, (3) Untuk mengetahui peran EMIS bagi kepala sekolah dalam pengambilan keputusan. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, peneliti menjadi instrumen utama dengan pengumpulan data menggunakan metode berupa observasi, wawancara, dan dikumentasi. Data di cek keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: Pertama, kondisi EMIS di MAN 4 Kediri yaitu: Isi data pada aplikasi EMIS terdapat menu kelembagaan kelembagaan, sarana dan prasarana, siswa, guru dan tenaga kependidikan, rombongan belajar dan monitoring. Data EMIS di madrasah dapat dikatakan sudah lengkap. Kedua, pengelolaan EMIS beberapa tahapan yaitu: (1) Mengolah data yang masuk dimana data tersebut didapat pada saat pendataan PPDB, (2) menginput data kedalam komputer, (3) validitas data, (4) data yang disajikan, (5) penerjemah keputusan. Setelah serangkaian penginputan data sudah lengkap maka data disajikan dalam bentuk output dari aplikasi EMIS ini yaitu BAP (Berita Acara Pendataan). Adapun kendala yang sering terjadi adalah kekeliruan data siswa dan keterlambatan pengumpulan ke operator EMIS. Ketiga, Peran EMIS bagi kepala sekolah dalam pengambilan keputusan kepala sekolah sebagai manajer dan pemimpin dengan menggunakan jenis pengambilan keputusan terprogram. Kepala sekolah berwewenang mengambil keputusan sesuai fakta dari setiap masalah yang terjadi di madrasah dengan mengevaluasi bersama melalui prosedur, aturan dan kebijakan yaitu dengan alternatif tindakan menggunakan model perbaikan dan perkembangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yuyun Nurmaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 04:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 04:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6248 |
Actions (login required)
View Item |