Pengembangan Media Pembelajaran RUBELA (Ruang Belajar Ajaib) pada Mata Pelajaran IPA Materi Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 di MI Hidayatun Najah Bulusari

Rahayu, Mega Dwi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran RUBELA (Ruang Belajar Ajaib) pada Mata Pelajaran IPA Materi Fungsi Bagian Tubuh Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 di MI Hidayatun Najah Bulusari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932605218_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932605218_bab1.pdf

Download (232kB)
[img] Text
932605218_bab2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932605218_bab3.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932605218_bab5.pdf

Download (108kB)
[img] Text
932605218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932605218_daftarpustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
932605218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
932605218_suratpernyataan.pdf

Download (396kB)

Abstract

MEGA DWI RAHAYU. Dosen Pembimbing Dra.Fartika Ifriqia, M.Pd dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd, pengembangan media rubela (ruang belajar ajaib) pada mata pelajaran ipa materi fungsi bagian tubuh tumbuhan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 di mi hidayatun najah bulusari. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022 Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu Pendidikan dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Jenis dari media pembelajaran beragam, salah satunya media pembelajaran berbasis visual. Media pembelajaran berbasis visual adalah suatu alat bantu dalam penyampaian materi dengan melibatkan indra penglihatan. Akan tetapi, media visual hanya dapat dilihat tanpa adanya interaksi guru dan siswa. Oleh karenanya, peneliti mengembangkan media pembelajaran visual yang dapat menciptakan interaksi antara siswa dan guru yang dapat membantu proses pembelajaran. Media tersebut berupa media yang berisi materi dan game menarik. Media ini Bernama media pembelajaran RUBELA (Ruang Belajar Ajaib) yang berisi materi fungsi bagian tubuh tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui tahap dalam merancang media pembelajaran RUBELA (Ruang Belajar Ajaib), 2) mengetahui perbedaan motivasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran kepada siswa siswa madrasah ibtidaiyah hidayatun najah Bulusari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perancangan media pembelajaran RUBELA (Ruang Belajar Ajaib) berdasarkan analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa, percancangan dengan menyusun desain media, membuat kerangka dan menghias covernya. Setelah produk telah sesuai dirancang, dilakukan validasi untuk mengetahui tingkat kelayakan media ini. Hasil dari ahli media mendapatkan skor 96 dengan kategori “sangat layak” setelah melakukan satu kali revisi, mendapatkan skor 100 dari ahli mata pelajaran IPA dengan kategori “sangat layak”, mendapatkan skor 92 dari ahli materi dengan kategori “sangat layak”. 2) peningkatan motivasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran RUBELA (Ruang Belajar Ajaib) pada kelompok kecil sebesar 59,14% dari 50,42% (sebelum pembelajaran dengan media, dan meningkat menjadi 87,57% (setelah penggunaan media), dan peningkatan motivasi belajar pada kelompok lapangan mengalami peningkatan sebesar 65,06% dari 65% (sebelum penggunaan media) meingkat menjadi 92,93% (setelah penggunaan media).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES (Ilmu Biologi) > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mega Dwi Rahayu
Date Deposited: 19 Sep 2022 06:30
Last Modified: 19 Sep 2022 06:30
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item View Item