Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial Di Instagram

Kurnianti, Novia (2022) Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial Di Instagram. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933422418_PRABAB.pdf

Download (165kB)
[img] Text
933422418_BAB1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
933422418_BAB3.pdf

Download (99kB)
[img] Text
933422418_BAB2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
933422418_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
933422418_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
933422418_BAB6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
933422418_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf

Download (104kB)

Abstract

Kurnianti, Novia, 2022. HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL MAHASISWA DALAM REPOST INFORMASI KEGIATAN SOSIAL DI INSTAGRAM, Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, Pembimbing (I) Yuli Darwati, M.Si, dan (II) Fatma Puri Sayekti, M.Psi, Psikolog. Kata kunci : Empati, Perilaku Prososial, Instagram Perilaku prososial yaitu suatu kegiatan yang membantu individu lain tanpa mengharapkan imbalan atau keuntungan dari kegiatan yang dilakukan. Sedangkan empati merupakan suatu keadaan dimana suatu individu bisa memahami dan merasakan emosi apa yang sedang dirasakan suatu individu serta mencoba membantu memberikan pemecahan masalah yang di lihat dari sudut pandang individu lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Tingkat Empati Mahasiswa dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial di Instagram. 2. Tingkat Perilaku Prososial Mahasiswa dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial di Instagram. 3. Hubungan antara Empati dengan Perilaku Prososial Mahasiswa dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa prodi Psikologi Islam IAIN Kediri angkatan 2018 yang berjumlah 266 mahasiswa, besaran sampel sebesar 149 mahasiswa, penentuan sampel berdasarkan tabel Isaac Michael dengan taraf kesalahan 5 % dan penentuan sampel juga melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dari variabel empati menggunakan teroi Baron dan Byrne, sedangkan variabel perilaku prososial menggunakan teori dari Eisenberg dan Mussen. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment Pearson dan bantuan SPSS for Windows Version 21. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah: 1. Tingkat empati mahasiswa dalam repost informasi kegiatan sosial di Instagram adalah tinggi dengan rata-rata 75,7 dan presentase 67,1 % . 2. Tingkat perilaku prososial mahasiswa dalam repost informasi kegiatan sosial di Instagram adalah sedang dengan rata-rata 145,1 dan presentase 55,7 %. 3. Adanya hubungan yang positif antara empati dengan perilaku prososial dengan signifikansi < 0,05 Arah hubungan positif artinya menunjukkan bahwa, semakin tinggi empati maka semakin tinggi perilaku prososial mahasiswa pengguna instagram. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan Korelasi Product Moment Pearson dapat diketahui bahwa hipotesis diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,817 yang berarti bahwa korelasi antara keduanya adalah sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: NOVIA KURNIANTI
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:48
Last Modified: 05 Sep 2022 03:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item