Kurnianti, Novia (2022) Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial Di Instagram. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933422418_PRABAB.pdf Download (165kB) |
|
Text
933422418_BAB1.pdf Download (144kB) |
|
Text
933422418_BAB3.pdf Download (99kB) |
|
Text
933422418_BAB2.pdf Download (196kB) |
|
Text
933422418_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Text
933422418_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Text
933422418_BAB6.pdf Download (46kB) |
|
Text
933422418_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi (1).pdf Download (104kB) |
Abstract
Kurnianti, Novia, 2022. HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU PROSOSIAL MAHASISWA DALAM REPOST INFORMASI KEGIATAN SOSIAL DI INSTAGRAM, Skripsi, Jurusan Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, Pembimbing (I) Yuli Darwati, M.Si, dan (II) Fatma Puri Sayekti, M.Psi, Psikolog. Kata kunci : Empati, Perilaku Prososial, Instagram Perilaku prososial yaitu suatu kegiatan yang membantu individu lain tanpa mengharapkan imbalan atau keuntungan dari kegiatan yang dilakukan. Sedangkan empati merupakan suatu keadaan dimana suatu individu bisa memahami dan merasakan emosi apa yang sedang dirasakan suatu individu serta mencoba membantu memberikan pemecahan masalah yang di lihat dari sudut pandang individu lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Tingkat Empati Mahasiswa dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial di Instagram. 2. Tingkat Perilaku Prososial Mahasiswa dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial di Instagram. 3. Hubungan antara Empati dengan Perilaku Prososial Mahasiswa dalam Repost Informasi Kegiatan Sosial di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh mahasiswa prodi Psikologi Islam IAIN Kediri angkatan 2018 yang berjumlah 266 mahasiswa, besaran sampel sebesar 149 mahasiswa, penentuan sampel berdasarkan tabel Isaac Michael dengan taraf kesalahan 5 % dan penentuan sampel juga melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian dari variabel empati menggunakan teroi Baron dan Byrne, sedangkan variabel perilaku prososial menggunakan teori dari Eisenberg dan Mussen. Analisis data dilakukan dengan Korelasi Product Moment Pearson dan bantuan SPSS for Windows Version 21. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah: 1. Tingkat empati mahasiswa dalam repost informasi kegiatan sosial di Instagram adalah tinggi dengan rata-rata 75,7 dan presentase 67,1 % . 2. Tingkat perilaku prososial mahasiswa dalam repost informasi kegiatan sosial di Instagram adalah sedang dengan rata-rata 145,1 dan presentase 55,7 %. 3. Adanya hubungan yang positif antara empati dengan perilaku prososial dengan signifikansi < 0,05 Arah hubungan positif artinya menunjukkan bahwa, semakin tinggi empati maka semakin tinggi perilaku prososial mahasiswa pengguna instagram. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan Korelasi Product Moment Pearson dapat diketahui bahwa hipotesis diterima dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,817 yang berarti bahwa korelasi antara keduanya adalah sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | NOVIA KURNIANTI |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:48 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5880 |
Actions (login required)
View Item |