Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTsN 1 Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Laily, Ika Nur (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTsN 1 Nganjuk Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932302218_prabab.pdf

Download (905kB)
[img] Text
932302218_bab1.pdf

Download (335kB)
[img] Text
932302218_bab2.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932302218_bab3.pdf

Download (468kB)
[img] Text
932302218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932302218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
932302218_bab6.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932302218_daftarpustaka.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932302218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
932302218_suratpernyataan.pdf

Download (183kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang wajib dimiliki setiap siswa, karena kemampuan pemecahan masalah memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTsN 1 Nganjuk dalam menyelesaikan soal cerita berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dilihat dari indikator pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan ialah soal tes dan pedoman wawancara. Subjek pada penelitian ini ialah siswa kelas VII A MTsN 1 Nganjuk sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah data reduction, data display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa yang memiliki kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat menyelesaikan beberapa permasalahan HOTS melalui semua tahapan Polya dengan baik, 2) Siswa yang memiliki kategori kemampuan pemecahan masalah sedang dapat menyelesaikan permasalahan HOTS namun hanya melalui beberapa tahapan Polya, 3) Siswa berkemampuan pemecahan masalah rendah belum dapat menyelesaikan permasalahan HOTS melalui tahapan pemecahan masalah Polya, 4) Mengenai permasalahan yang berbasis HOTS, masih banyak sekali siswa yang belum dapat menyelesaikannya dengan baik. Hal ini disebabkan karena siswa kurang terbiasa dan berlatih mengerjakan soal yang berbasis HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ika Nur Laily
Date Deposited: 02 Sep 2022 02:51
Last Modified: 02 Sep 2022 02:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5826

Actions (login required)

View Item View Item