Nadhifah, Umi (2022) Pengembangan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Pada Kelas IV-C di MI Miftahul Huda. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932604518_prabab.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
932604518_bab1.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
932604518_bab2.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
932604518_bab3.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
932604518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
932604518_bab5.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
932604518_daftarpustaka.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
932604518_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
LembarPernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (342kB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi. Berdasarkan data prapenelitian, menunjukkan bahwa media yang digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa Jawa kelas IV-C MI Miftahul Huda adalah poster aksara Jawa. Guru juga masih menggunakan metode pembelajaran ceramah sehingga partisipasi peserta didik tergolong sedikit. Masalah tersebut membuat keberadaan media pembelajaran menjadi penting untuk diterapkan. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media monopoli untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada kelas IV-C di MI Miftahul Huda serta bagaimanakah kelayakan dan keefektifan media tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media monopoli untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada kelas IV-C di MI Miftahul Huda serta menguji kelayakan dan keefektifan media monopoli tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model menurut Sugiyono melalui 10 tahapan. Namun pada penelitian ini hanya menggunakan 8 tahapan dikarenakan sudah tidak dilakukan revisi produk dan keterbatasan waktu serta biaya untuk melakukan produksi massal. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan media monopoli sangat layak digunakan dengan persentase penilaian dari ahli materi sebesar 81,66% dan ahli media sebesar 82,22%. Media monopoli efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa. Hal tersebut berdasarkan adanya perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik melalui uji t sebesar 18,923.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Umi Nadhifa |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:46 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:46 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |