Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas viii Mts Sunan Ampel Kepung pada materi teorema phytagoras ditinjau dari kepribadian menurut David Keirsey dan perbedaan gender

Ariyanti, Ariska Dewi (2022) Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas viii Mts Sunan Ampel Kepung pada materi teorema phytagoras ditinjau dari kepribadian menurut David Keirsey dan perbedaan gender. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305718_prabab.pdf

Download (941kB)
[img] Text
932305718_bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
932305718_bab2.pdf

Download (383kB)
[img] Text
932305718_bab3.pdf

Download (210kB)
[img] Text
932305718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932305718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
932305718_bab6.pdf

Download (93kB)
[img] Text
932305718_daftarpustaka.pdf

Download (260kB)
[img] Text
932305718_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
932305718_suratpernyataan.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Kepung terhadap materi teorema phytagoras ditinjau dari kepribadian menurut David Keirsey dan perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu, penelitian kualitatif berjenis analisis. Subjek penelitian ini adalah 7 peserta didik dari kelas VIII-B MTs Sunan Ampel Kepung semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara, dianalisis dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara, kemudian ditarik kesimpulan.Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Sunan Ampel Kepung terhadap materi teorema phytagoras ditinjau dari kepribadian Myers Brigss Type Indicator (MBTI) dan perbedaan gender dari 4 tipe kepribadian dapat dilihat bahwa tipe kepribadian yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang paling baik yaitu tipe kepribadian Guardian, karena siswa perempuan dengan tipe ini mampu melewati semua indikator pemecahan masalah yang diberikan, dapat dikatakan bahwa skor kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan tipe Guardian memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dibandingkan siswa lainnya. Adapun penjabaran dari setiap kepribadian dengan tipe kepribadian Guardian siswa laki-laki cenderung lama dalam memahami masalah, kemudian pada tahap menyusun rencana penyelesaian masih kebingungan, kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan tipe kepribadian Guardian sudah dapat melewati semua tahapan, dari memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rancana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban, kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki bertipe kepribadian Artisan cenderung membaca soal berulang-ulang apa yang yang dimaksud dari soal, sehingga pada tahap menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian belum maksimal, kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan bertipe kepribadian Artisan tergesa-gesa dan kurang teliti dalam mengerjakan soal, sehingga pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian belum maksimal, kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki bertipe kepribadian Rational hanya mampu memahami masalah, menyusun rencaan peneyelesain, namun belum maksimal pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian, sehingga pada tahap memeriksa kembali jawaban belum mampu, kemampuan pemecahan masalah siswa perempuan bertipe kepribadian Rational hanya mampu melewati indikator memahami masalah pada soal yang diberikan, kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki bertipe kepribadian Idealis belum dapat melewati semua tahapan, dari memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rancana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ariska Dewi Ariyanti
Date Deposited: 16 Apr 2025 00:58
Last Modified: 16 Apr 2025 00:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5734

Actions (login required)

View Item View Item