Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto, Kediri

Hidayatulloh, Ahmad (2022) Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto, Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932603018_prabab.pdf

Download (704kB)
[img] Text
932603018_bab1.pdf

Download (193kB)
[img] Text
932603018_bab2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
932603018_bab3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932603018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
943603018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
932603018_bab6.pdf

Download (40kB)
[img] Text
932603018_daftarpustaka.pdf

Download (167kB)
[img] Text
932603018_suratpernyataan.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Hidayatulloh, Dosen Pembimbing M. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Dr. Septiana Purwaningrum, M.Pd.I : Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri Kata Kunci : Guru, Kemampuan Membaca Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutya. Oleh sebab itu, anak harus belajar membaca agar ia dapat membaca untuk belajar. Permasalahan yang terjadi di SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri yaitu masih ada siswa yang belum bisa membaca, sehingga menghambat proses pembelajaran. Ada hal menarik yang peneliti temukan di SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri yaitu guru memberikan waktu khusus di hari Sabtu sebagai wadah bagi siswa agar bisa membaca. Sehingga penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui tahap tanpa buku di kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri? dan 2) Bagaimana upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui tahap dengan buku di kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data berupa triangulasi sumber, teriangluasi teknik, dan peningkatan ketekunan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diakukan diperoleh kesimpuan bahwa 1) Upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui tahap tanpa buku di Kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri dapat dikatakan sudah baik karena di SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri menerapkan indikator yang sudah ditetapkan berdasarkan teori yaitu guru menampilkan gambar sambil bercerita, membaca gambar dan 2) Upaya guru kelas dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui tahap dengan buku di Kelas 1 SDI Pojok 2 Mojoroto Kediri sudah sangat baik karena daam kegiatan pembelajaran guru menerapkan tahapan-tahapan sesuai dengan teori yang ada seperti memberikan contoh membaca pola kalimat, membaca nyaring secara bersama-sama, membaca setiap baris kalimat secara bergantian, serta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. Guru juga memberikan waktu khusus bagi anak yang masih belum bisa membaca setiap hari Sabtu di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Hidayatulloh
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:41
Last Modified: 24 Aug 2022 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item