Taufik, Anang (2022) Peran Guru Dalam Mengelola Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mtsn 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932117518_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932117518_bab1.pdf Download (155kB) |
|
Text
932117518_bab2.pdf Download (183kB) |
|
Text
932117518_bab3.pdf Download (52kB) |
|
Text
932117518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
932117518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
932117518_bab6.pdf Download (37kB) |
|
Text
932117518_daftarpustaka.pdf Download (154kB) |
Abstract
Pelajaran SKI erat kaitannya dengan peristiwa masa lampau, dalam prosesnya, pembelajaran SKI lebih sering disampaikan dengan metode bercerita. Pembelajaran dengan metode bercerita, memberikan dampak kejenuhan pada siswa jika dilakukan secara berulang. Variasi pembelajaran yang lebih kreatif dibutuhkan untuk menghadirkan suasana yang lebih menyenangkan. Perkembangan teknologi memberikan pilihan media semakin beragam, dengan demikian semakin beragam variasi pembelajaran yang dapat dihadirkan kepada siswa. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui tentang bagaimana peran guru dalam mengelola media pembelajaran SKI, apa saja jenis-jenis media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran SKI, dan bagaimana langkah-langkah dalam mengelola media pembelajaran SKI di MTsN 6 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti bertindak sebagai penghimpun sekaligus sebagai instrumen aktif. Sumber data utama adalah guru SKI, sumber data lainnya adalah waka kurikulum dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian di cek keabsahannya melalui triangulasi, dan jika diperlukan perpanjangan observasi. Selanjutnya data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilaksanakan melalui tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap penyelesaian. Peran guru dalam pengelolaan media pembelajaran adalah sebagai seorang fasilitator. Sebagai fasilitator guru memberikan pelayanan termasuk ketersediaan fasilitas pembelajaran, hal tersebut bertujuan untuk memberi kemudahan pembelajaran, kemudahan membantu siswa melalui hambatan belajar, menguatkan serta memotivasi siswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran SKI sangatlah beragam, namun secara sederhana terbagi menjadi 2 yaitu visual dan audio visual. Sebelum menentukan dan menggunakan media pembelajaran, guru diharapkan memperhatikan beberapa tahapan penting, tahapan tersebut meliputi tahapan persiapan, tahapan penyajian, tahapan penerapan, dan tahapan tindak lanjut.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anang Taufik |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:56 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 04:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5695 |
Actions (login required)
View Item |