Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-A Mts Al-Muttaqin Plemahan

Sholekah, Adinda Mutrofin (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII-A Mts Al-Muttaqin Plemahan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932307918_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932307918_bab1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
932307918_bab2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932307918_bab3.pdf

Download (236kB)
[img] Text
932307918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932307918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
932307918_bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
932307918_daftarpustaka.pdf

Download (78kB)
[img] Text
932307918_suratpernyataan.pdf

Download (357kB)

Abstract

ADINDA MUTROFIN SHOLEKAH, Dosen Pembimbing Agus Miftakus Surur, S.Si., M.Pd dan Eka Sulistyawati, M.Pd, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Himpunan Kelas VII-A MTs Al-Muttaqin Plemahan, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis, Materi Himpunan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika menurut indikator Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview pada materi himpunan kelas VII-A MTs Al-Muttaqin Plemahan. Latar belakang dipilihnya penelitian ini yaitu karena kemampuan berpikir kritis matematis siswa sangat penting untuk dikembangkan guna membentuk sikap dan perilaku yang masuk akal dan mendorong siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika serta evaluasi untuk kemampuan diri. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah dengan tes tertulis dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Pada penelitian ini diambil 1 kelas di VII-A MTs Al-Muttaqin Plemahan yang berjumlah 22 siswa. Setelah diberikan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis kepada 22 siswa kemudian jawaban dianalisis dan diwawancarai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 kategori kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang didasarkan pada hasil skor tes yang telah dilakukan. Hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan kategori tinggi, siswa telah memenuhi atau hampir memenuhi indikator berpikir kritis menurut Ennis yaitu FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview). Hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan kategori sedang, siswa memenuhi Focus, Reason, Inference dan Situation tetapi beberapa ada yang kurang tepat. Hasil kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan kategori rendah, siswa tidak dapat memenuhi indikator Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Adinda Mutrofin Sholekah
Date Deposited: 05 Sep 2022 07:31
Last Modified: 05 Sep 2022 07:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item