Kholifatin, Rindika Dima (2022) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spldv Menurut Cooney Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Di SMP Negeri 1 Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932304318_PRABAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932304318_BAB1.pdf Download (183kB) |
|
Text
932304318_BAB2.pdf Download (267kB) |
|
Text
932304318_BAB3.pdf Download (474kB) |
|
Text
932304318_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) |
|
Text
932304318_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
Text
932304318_BAB6.pdf Download (164kB) |
|
Text
932304318_DAFTARPUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text
932304318_suratpernyataan.pdf Download (264kB) |
Abstract
RINDIKA DIMA KHOLIFATIN, Dosen Pembimbing Muhammad Khoiril Akhyar, M.Pd. dan Dwi Shinta Rahayu, M.Pd. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Menurut Cooney Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Di SMPN 1 Pare, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Analisis Kesulitan, Kecerdasan Emosional, SPDV Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan siswa, dan mendeskripsikan kesulitan siswa ditinjau dari kecerdasan emosional dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kesulitan Cooney. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti memilih enam siswa dengan masing-masing 2 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah pada siswa kelas VIII-E sebagai perwakilan dalam kegiatan wawancara bersama peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional, soal tes pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel berupa 3 butir soal berbentuk uraian, dan pedoman wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang didefinisikan berdasarkan Kesulitan menurut Cooney diperoleh bahwa kesulitan yang dilakukan siswa kelas VIII-E meliputi kesulitan konsep seperti siswa salah dalam mengidentifikasi bentuk dari SPLDV, kesulitan prinsip yaitu siswa tidak dapat melakukan langkah penyelesaian dengan tepat dengan metode tertentu serta masih terdapat kesalahan dalam perhitungan, dan kesulitan verbal yaitu siswa tidak dapat melakukan pengubahan soal cerita ke bentuk model matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan siswa antara siswa yang memeliki kecerdasan emosional tinggi dengan sedang relatif sama, sedangkan siswa dengan kecerdasan emosional rendah sangat mengalami kesulitan. Sehingga dalam penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru untuk perbaikan desain pembelajaran dan peningkatan terhadap perhatian akan emosional siswa guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa agar tidak mengalami kesulitan saat belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Rindika Dima Kholifatin |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 06:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 06:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5652 |
Actions (login required)
View Item |