Analisis Desain Pembelajaran Dan Pemahaman Konsep Pada Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Menggunakan Konteks DIY Lampu Hias Di MTS

Mukaromah, Putri Zairotul (2022) Analisis Desain Pembelajaran Dan Pemahaman Konsep Pada Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Menggunakan Konteks DIY Lampu Hias Di MTS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932308718_PRABAB.pdf

Download (789kB)
[img] Text
932308718_BAB1.pdf

Download (79kB)
[img] Text
932308718_BAB2.pdf

Download (114kB)
[img] Text
932308718_BAB3.pdf

Download (68kB)
[img] Text
932308718_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932308718_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
932308718_BAB6.pdf

Download (32kB)
[img] Text
932308718_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui desain pembelajaran dan hasil pemahaman konsep pada materi teorema Pythagoras dengan pendekatan pendidikan matematika realistik menggunakan konteks DIY lampu hias. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari siswa kelas VII-A MTsN 8 Kediri tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dengan teknik tes tulis, wawacara, observasi, dan juga dokumentasi. Selain peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini, instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan ganda, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga langkah analisis menurut Miles dan Huberman dalam Denzim dan Lincoln (1994), yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran dengan serangkaian aktivitas menggunakan konteks DIY lampu hias berbasis pendidikan matematika realistik dapat membantu siswa MTs dalam memahami konsepp teorema Pythagoras. Aktivitas pembelajaran yang dimaksud adalah siswa dipersilahkan membuat bingkai lampu hias sesuai kreativitas mereka. Selanjutnya, bingkai tersebut dianalisis dengan tujuan untuk memahami konsep teorema Pythagoras sesuai dengan perintah yang ada pada LKPD. Siswa antusias dalam mengikuti aktivitas pembelajaran karena permasalahan yang disajikan mudah dipahami oleh siswa, yaitu mengaitkan teorema Pythagoras dengan kerajinan tangan membuat bingkai lampu hias sehingga pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test dapat diketahui bahwa desain pembelajaran dengan konteks DIY lampu hias tersebut dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Putri Zairotul Mukaromah
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:34
Last Modified: 05 Aug 2022 06:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item