Sofiastuti, Nurriza (2022) Pengaruh locus of control terhadap hasil belajar (studi pada mahasiswa tadris matematika angkatan 2018 Institut Agama Islam Negeri Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932300117_prabab.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
932300117_bab1.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
932300117_bab2.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
932300117_bab3.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
932300117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
![]() |
Text
932300117_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
![]() |
Text
932300117_bab6.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
932300117_daftarpustaka.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
932300117_lampiran.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932300117_suratpernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan tujuan yang akan dicapai dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik dari dalam diri maupun dari luar individu. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang diperoleh karena mengalami aktivitas belajar. Soemanto (2003) mengatakan bahwa faktor-faktor penting dari kepribadianyang mempengaruhi tingkah laku anak di kelas dan mempengaruhi keberhasilan dalam situasi belajar, yaitu konsep diri, locus of control, kecemasan, dan motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap hasil belajar mahasiswa Tadris Matematika angkatan 2018 di IAIN Kediri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kausalitas yaitu penelitian hubungan yang bersifat sebab akibat. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan bukti hubungan sebab akibat, sehingga dapat diketahui variabelmana yang mempengaruhi dan variabel mana yang dipengaruhi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala locus of control dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa locus of control memiliki hubungan yang lemah dengan hasil belajar pada mahasiswa Tadris Matematika angkatan 2018 di IAIN Kediri. Hal tersebut diketahui dari hasil uji determinasi besarnya nilai R yaitu 0,240. Angka tersebut jauh dari angka 1, sehingga dapat disimpulkan bahwa locus of control mempunyai hubungan yang lemah terhadap hasil belajar mahasiswa tadris matematika angkatan 2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Selain itu, nilai koefisien determinan atau R square memiliki nilai sebesar 0,058, artinya besarnya pengaruh variabel locus of control terhadap hasil belajar sebesar 5,8% sedangkan sisanya (94,2%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, yaitu faktor konsep diri, motivasi, dan kecemasan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Nurriza Sofiastuti |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |