Jannah, Ainin Roikhatul (2016) Program Religius Class Tahfidz Al- Qur’andalamMeningkatkanKemampuanSiswaMenghafal Al-Qur’an Di Madrasah AliyahNegeriNganjuk (MAN Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
cover_Abstrak.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (46kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (37kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (926kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
Text
BAB VI.docx Download (22kB) |
|
Text
Tabel & Lampiran.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangiolehadanyainovasi yang dilakukanolehsalahsatuSekolahSetingkatMenengahAtasyaitumembukaprogram jurusanpeminatan di Madrasah AliyahNegeriNganjuk.Program jurusanpeminatanunggulaninidinamakan Program Religius Class Tahfidz AlQur’an yang mana program jurusaninisebagaiupayauntukmeningkatkankemampuanmenghafalAlQur’ansiswadanjugaadanyametodeuntukmenjagahafalan agar bisamelekatdalamhati.Berpijakpadafokuspenelitian, penelitianinibertujuanuntuk1.)mendiskripsikan Program Religius Class Tahfidz Al-Qur’andalammeningkatkankemampuansiswamenghafal Al-Qur’an. 2.) mendiskripsikanpelaksanaanmetodemuraja’ahmelaluiProgram Religius Class Tahfidz Al-Qur’andalammeningkatkankemampuansiswamenghafal Al-Qur’an. 3.)mendiskripsikankemampuansiswadalammenghafal Al-Qur’an melaluiProgram Religius Class Tahfidz Al-Qur’an. Dalamhalinipenelitimenggunakanmetodediskriptifkualitatifdenganpende katanstudikasus.Teknikpengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, dandokumentasi, denganmenggunakanteknikanalisisreduksi data, penyajian data, danverifikasi data.Penelitianinijugamelakukanpengecekankeabsahan data denganmenggunakanteknikperpanjangankeikutsertaanpengamat, ketekunanpengamat, dantriangulasi. Menurutpenelitianmenyimpulkanbahwa, 1) Program Religius Class Tahfidz Al-Qur’andi Madrasah AliyahNegeriNganjukadalahprogram jurusankeagamaankelasunggulandimanasiswa yang masukdalamkelasinidiwajibkanuntukmenghafal Al-Qur’an2) Pelaksanaanmetodemuraja’ahsudahberjalandenganbaik. haliniditerlihatdenganberjalannya proses pembelajarandanterealisasinya program yang ada di sekolah. Pelaksanaanmetodemuraja’ahdiantaranya: a. Setoran (muraja’ah) hafalanbarukepadapembinatahfidz. b. Muraja’ahhafalan lama yang disemakkantemandenganberhadapandua orang dua orang (Mudarasah). c. Majlissima’an Al-Qur’an d. Kegiatanmuraja’ah 1 harikhatam 1 juz. 3) kemampuansiswamenghafalAl-Qur’an di Madrasah AliyahNegeriNganjukadalahberbeda-beda,ada yang bagushafalannyasertamuraja’ahnya, namunsebagianjugatetapada yang biasabiasasaja, dalamartimereka minimal telahmemenuhi target darisekolah. x Kemampuansiswadalammenghafal Al- Qur’an berbeda-beda, halitubisadilihatdengan: a. Rajinatautidaknyasetoran, b. Kelancaranmenghafal. c. Kefashihanbacaannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 03:34 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 03:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |