Aza, Akhsan (2022) Persepsi Guru Tentang Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Di Smks Al Amien Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932135218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932135218_bab1.pdf Download (193kB) |
|
Text
932135218_bab2.pdf Download (293kB) |
|
Text
932135218_bab3.pdf Download (142kB) |
|
Text
932135218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) |
|
Text
932135218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
932135218_bab6.pdf Download (36kB) |
|
Text
932135218_daftarpustaka.pdf Download (173kB) |
|
Text
932135218_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (886kB) |
|
Text
932135218_suratpernyataan.pdf Download (121kB) |
Abstract
AKHSAN AZA, Dosen Pembimbing Dr. Iskandar Tsani, M. Ag dan Dr. Septiana Purwaningrum, M. Pd. I., Persepsi Guru Tentang Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Di SMKS Al Amien Kota Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2022. Kata Kunci: Persepsi, Guru, Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Pancasila merupakan sebuah tujuan pembelajaran baru yang diterapkan di seluruh lembaga pendidikan di Indonesia. Tujuan dari Profil Pelajar Pancasila adalah menanamkan nilai-nilai dan kebudayaan Indonesia yang tertanam dalam Pancasila. Karena sesuatu hal yang baru, maka pasti ada beberapa persepsi yang muncul dari tiap-tiap orang. Berangkat dari hal tersebut dilakukan penelitian di SMKS Al Amien Kota Kediri yang sudah menerapkan Profil Pelajar Pancasila. Fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru tentang perwujudan Profil Pelajar Pancasila di SMKS Al Amien Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus di SMKS Al Amien Kota Kediri. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa persepsi guru di SMKS Al Amien Kota Kediri tentang perwujudan Profil Pelajar Pancasila merupakan tujuan pembelajaran baru untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila dan Profil Pelajar pancasila ini lebih menjabarkan setiap tujuan yang ada dibandingkan dengan tujuan pembelajaran sebelumnya. Dalam persepsi guru tersebut di dalam Profil pelajar Pancasila memiliki 6 (enam) dimensi yaitu dimensi beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia merupakan penanaman nilai-nilai yang berhubungan dengan agama seperti percaya kepada Tuhan, ibadah, dan berperilaku dari cerminan agama pada keseharian peserta didik. Dimensi kebhinekaan global yang beranggapan bahwa menanamkan nilai-nilai kebudayaan luhur Bangsa Indonesia tanpa meilhat perbedaan dan cinta kepada rasa lokalitas. Dimensi gotong royong yang sudah menjadi nilai bangsa yang tertanam dalam diri masyarakat Indonesia yang ditanamkan pada peserta didik untuk mengikuti kegiatan bersama dan diwujudkan dengan sifat peduli, adil, saling menghormati, dan berbagi. Dimensi mandiri yang berpersepsi mengembangkan potensi peserta didik dalam hal teori dan keterampilan yang dibutuhkan masyarakat diwujudkan dalam sifat memahami regulasi mandiri dan lingkungan. Dimensi berpikir dan bernalar secara kritis berpersepsi merupakan perwujudan melatih pemikiran peserta didik kearah kritis dalam menerima dan mengolah informasi begitu banyak yang dapat diterima. Yang terakhir adalah persepsi tentang dimensi kreatif yaitu melatih peserta didik supaya bisa menciptakan sesuatu yang orisinil dan memberika dampak pada masyarakat sekitar yang membutuhkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Akhsan Aza |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 04:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 04:32 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5365 |
Actions (login required)
View Item |