Burhanudin, Muhammad (2022) Problematika Penerapan Kurikulum Berbasis Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata (Studi Kasus Di MAN 1 Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109218_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109218_bab1.pdf Download (114kB) |
|
Text
932109218_bab2.pdf Download (204kB) |
|
Text
932109218_bab3.pdf Download (114kB) |
|
Text
932109218_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
932109218_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Text
932109218_bab6.pdf Download (17kB) |
|
Text
932109218_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
932109218_suratpernyataan.pdf Download (374kB) |
Abstract
Kerusakan lingkungan semakin hari semakin parah. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang terjadi. Salah satu cara yang digunakan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yaitu melalui pendidikan. Dalam menjalankan pendidikan, terdapat kurikulum yang berisi pedoman dalam menjalankan sebuah pendidikan. Kurikulum berbasis lingkungan adalah kurikulum yang digunakan di sekolah atau madrasah yang melaksanakan program adiwiyata. Kurikulum ini merupakan kurikulum seperti pada umumnya namun dengan ditambahkan indikator mengenai peduli lingkungan. Dalam pelaksanaannya muncul sebuah problematika ketika menerapkan kurikulum berbasis lingkungan di sekolah atau madrasah. Adapun fokus penelitian yang akan dibahas pada penelitian ini: 1) Apa problematika dalam menerapkan kurikulum berbasis lingkungan di MAN 1 Nganjuk. 2) Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika penerapan kurikulum berbasis lingkungan di MAN 1 Nganjuk. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan problematika penerapan kurikulum berbasis lingkungan di MAN 1 Nganjuk. 2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika penerapan kurikulum berbasis lingkungan di MAN 1 Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan 3 cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan keikutsertaan, ketelitian pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) problematika penerapan kurikulum berbasis lingkungan meliputi kompetensi seorang guru, kurangnya anggaran dana, komitmen warga yang rendah, dan efek pasca pandemi. 2) upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika penerapan kurikulum berbasis lingkungan dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada guru, melaksanakan evaluasi pengeluaran anggaran dan penyusunan belanja prioritas, pengawasan dan pemberian motivasi oleh kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES (Ilmu Lingkungan) > 0502 Environmental Science and management > 050203 Environmental Education and Extension 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Burhanudin |
Date Deposited: | 02 Aug 2022 07:09 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 07:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5330 |
Actions (login required)
View Item |