Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Fungsi Komposisi Di SMAN 1 Purwoasri Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022

Nurmalia, Rizka (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Fungsi Komposisi Di SMAN 1 Purwoasri Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932308218_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932308218_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932308218_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932308218_bab3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932308218_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932308218_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932308218_bab6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932308218_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932308218_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemecahan masalah adalah kecakapan peserta didik ketika menyelesaikan masalah yang berhubungan satu sama lain dan nonrutin serta mengatur rancangan pemecahan masalah kemudian peserta didik mampu menemukan jalan keluar. PISA dan TIMSS merupakan contoh bentuk soal HOTS yang didalamnya memuat soal yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah. Nilai yang dicapai Indonesia berada di bawah rerata nilai internasional yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita materi fungsi komposisi di SMAN 1 Purwoasri Kab. Kediri tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data dari hasil tes 31 peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Purwoasri dan hasil wawancara 8 subjek dengan rincian 2 peserta didik kategori 4 tahap polya, 2 peserta didik kategori 3 tahap polya, 2 peserta didik kategori 2 tahap polya dan 2 peserta didik kategori 1 tahap polya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa mayoritas peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 1 Purwoasri termasuk dalam kategori 4 tahap polya. Peserta didik kategori 4 tahap polya mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan mengecek kembali dengan baik. Peserta didik kategori 3 tahap polya mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dengan baik namun tidak melakukan pengecekan kembali. Peserta didik kategori 2 tahap polya mampu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah dengan baik namun tidak melaksanakan rencana penyelesaian masalah tersebut dan tidak mengecek kembali. Sedangkan peserta didik kategori 1 tahap polya hanya mampu memahami masalah dengan baik namun tidak mampu merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan melakukan pengecekan kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra (Logika Matematika, Teori Himpunan, Kisi dan Aljabar Universal)
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Rizka Nurmalia
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:47
Last Modified: 01 Aug 2022 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item