Nafi'ah, Salwa (2022) تأثير شدّة استخدام المعجم الرقميّ (المعاني) على استيعاب المفردات لدى طلاب السنة الدراسة الرابع ۲٠٢٠ قسم تعليم اللغة العربيّة بجامعة كديري الإسلامية الحكومية. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932507718_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932507718_bab1.pdf Download (348kB) |
|
Text
932507718_bab2.pdf Download (357kB) |
|
Text
932507718_bab3.pdf Download (603kB) |
|
Text
932507718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
Text
932507718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
932507718_bab6.pdf Download (322kB) |
|
Text
932507718_daftarpustaka.pdf Download (459kB) |
|
Text
932507718_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
932507718_suratpernyataan.pdf Download (419kB) |
Abstract
ABSTRAK Nafi’ah, Salwa. 2022. Pengaruh Intensitas Penggunaan Kamus Digital al-Ma’any Terhadap Penguasaan Kosakata bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Kediri Angkatan 2020. Skripsi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) M. Syamsul Ma’arif, M.Pd, dan (2) Dr. Mohamad Anang Firdaus, M.Pd. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Intensitas Kamus, al-Ma’any Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada dilingkup perkuliahan mahasiswa. Tingkat intensitas penggunaan kamus yang dimaksud berdampak pada penguasaan kosakata bagi mahasiswa. Penggunaan kamus al-Ma’any secara intens dirasa dapat mempengaruhi tingkat kemampuan mahasiswa khususnya dalam mengetahui arti kosakata. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penguasaan kosakata mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan aplikasi kamus al-Ma’any terhadap kemampuan menguasai kosakata pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah 83 mahasiswa angkatan 2020 yang masih aktif mengikuti proses perkuliahan pada program studi Pendidikan Bahasa Arab. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik random sampling. Peneliti menggunakan angket dan tes kemampuan untuk pengambilan data. Lalu untuk uji instrument data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan pada analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, linieritas, dan uji hipotesis sebagai analisis data terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) intensitas penggunaan aplikasi kamus digital mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020 termasuk dalam kategori cukup dengan hasil 39,8% (2) penguasaan kosakata mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020 termasuk dalam kriteria baik dengan hasil 38,60% (3) besarnya pengaruh penggunaan aplikasi kamus digital terhadap penguasaan kosakata bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2020 adalah 0,316 dengan presentasi koefisien determinasi sebesar 9,99%. Hal tersebut berarti penguasaan kosakata dipengaruhi 9,99% oleh intensitas penggunaan kamus dan 90,01% dari faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Ha diterima. Disimpulkan bahwa besaran intensitas penggunaan kamus memengaruhi penguasaan kosakata. Artinya, antara media kamus dengan kemampuan berbahasa mempunyai kaitan yang erat khususnya kemampuan berbahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Salwa Nafi'ah |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 02:02 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:02 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5275 |
Actions (login required)
View Item |