Putri, Dewi Jayanti Minangkani (2022) Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV Di MI AL-HIDAYAH Tegalan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932107118_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932107118_bab1.pdf Download (414kB) |
|
Text
932107118_bab2.pdf Download (416kB) |
|
Text
932107118_bab3.pdf Download (191kB) |
|
Text
932107118_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
Text
932107118_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text
932107118_bab6.pdf Download (87kB) |
|
Text
932107118_daftarpustaka.pdf Download (233kB) |
|
Text
932107118_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932107118_suratpernyataan.pdf Download (317kB) |
Abstract
DEWI JAYANTI MINANGKANI PUTRI, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd dan Nurul Dwi Lestari M.Pd, Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Pada Siswa Kelas IV Di MI Al- Hidayah Tegalan Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) KEDIRI, 2022. Kata Kunci: Strategi, Karakter, Disiplin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya karakter disiplin pada siswa di sekolah. Oleh karena itu penanaman karakter disiplin menjadi salah satu faktor terpenting yang perlu diajarkan kepada siswa sehingga nantinya dapat memunculkan nilai-nilai karakter yang baik lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Tegalan Kediri, (2) hasil dari penanaman karakter disiplin oleh guru akidah akhlak kepada siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Tegalan Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan dalam pengamatan, perpanjangan waktu penelitian, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan karakter disiplin pada siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Tegalan Kediri, terbagi menjadi empat strategi yaitu dengan peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. (2) hasil dari penanaman karakter disiplin oleh guru akidah akhlak kepada siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Tegalan Kediri bisa dilihat dari: perubahan tingkah laku siswa yang menuju ke arah lebih baik, suasana kelas yang nyaman dan kondusif, siswa menjadi mengerti mengenai alasan tentang sesuatu yang dilarang dan diperbolehkan, memunculkan suatu kebiasaan yang baik bagi siswa, serta memunculkan kesadaran dalam diri untuk selalu berperilaku disiplin tanpa disuruh atau diingatkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dewi Jayanti Minangkani Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 03:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 03:13 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5252 |
Actions (login required)
View Item |