Olivia, Dias (2022) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran MicrosoftTeams Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas IV-E Di Sekolah Dasar Plus Rahmat Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932608818_prabab.pdf Download (531kB) |
|
Text
932608818_bab1.pdf Download (344kB) |
|
Text
932608818_bab2.pdf Download (495kB) |
|
Text
932608818_bab3.pdf Download (332kB) |
|
Text
932608818_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
Text
932608818_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
|
Text
932608818_bab6.pdf Download (300kB) |
|
Text
932608818_daftarpustaka.pdf Download (318kB) |
|
Text
932608818_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) |
|
Text
932608818_Suratpernyataan.pdf Download (164kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media pembelajaran microsoft teams yang tergolong media baru dan unik sehingga belum dilaksanakan dan belum pernah diaplikasikan sebelumnya. Melihat fenomena tersebut, maka peneliti tertarik dengan media pembelajaran Microsoft Teams yang digunakan di SD Plus Rahmat Kota Kediri guna mempermudah dan memecahkan masalah pada kegiatan pembelajaran online maupun offline. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelementasi penggunaan media pembelajaran microsoft teams pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IVE di SD Plus Rahmat Kota Kediri dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan media pembelajaran microsoft teams pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IVE di SD Plus Rahmat Kota Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Data primer dari penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, ahli microsoft teams, wali kelas IV-E, guru mata pelajaran bahasa Indonesia, peserta didik kelas IV-E SD Plus Rahmat. Data sekunder berasal dari dokumentasi berupa foto kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran microsoft teams. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi penggunaan media pembelajaran microsoft teams pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV-E di SD Plus Rahmat Kota Kediri meliputi a) Perencanaan penggunaan media pembelajaran microsoft teams pada mata pelajaran bahasa Indonesia dilakukan secara sistematis, baik perencanaan yang dilaksanakan oleh sekolah, Tim IT, guru dalam hal ini khususnya guru mata pelajaran bahasa Indonesia serta seluruh peserta didik kelas IV-E; b) Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran microsoft teams dilakukan oleh Tim IT yaitu mengadakan pelatihan terkait dengan pemanfaatan microsoft teams, selanjutnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran microsoft teams dapat dilaksanakan sesuai dengan ATP yaitu dengan memperhatikan beberapa komponen yaitu mulai dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; dan c) Evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan media pembelajaran microsoft teams yaitu dengan penilaian yang dilakukan oleh guru dengan menyesuaikan kurikulum merdeka yakni penilaian formatif (berupa LKPD, tanya jawab, pekerjaan rumah, unjuk kerja), penilaian sumatif (berupa penilaian harian, PAS) dan penilaian assessment diagnostic. 2) Efektivitas penggunaan media pembelajaran microsoft teams pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk siswa kelas IVE di SD Plus Rahmat Kota Kediri yaitu meliputi; a) Respon guru dapat dilihat dari dengan menggunakan media pembelajaran microsoft teams guru lebih mudah menyampaikan materi; b) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari pemahaman peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media pembelajaran microsoft teams,serta hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rendah dan nilai tinggi yang didapatkannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dias Olivia |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 07:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 07:16 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5195 |
Actions (login required)
View Item |