Pengembangan Media Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 2 Kota Kediri

Ifadah, Berlianah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121318_prabab.pdf

Download (982kB)
[img] Text
932121318_bab1.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932121318_bab2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
932121318_bab3.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932121318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932121318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
932121318_bab6.pdf

Download (75kB)
[img] Text
932121318_daftar_pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian tentang “Pengembangan Media Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Kota Kediri” dilatarbelakangi oleh pembelajaran Akidah Akhlak yang tidak maksimal karena dilakukan secara online atau daring. Peralihan dari daring ke tatap muka mengakibatkan siswa kurang bisa langsung aktif dalam pembelajaran. Selain itu dalam pembelajaran Akidah Akhlak, guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan variasi media pembelajaran. Hal ini mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik minat belajar siswa sehingga menjadikan siswa pasif di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangkan media pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Kota Kediri. 2) Efektivitas pengembangan media pembelajaran Card Sort untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini siswa kelas VIII M di MTsN 2 Kota Kediri yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Card Sort melalui tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap pengembangan dilakukan desain produk dan validasi produk oleh para ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media Card Sort oleh ahli media diperoleh skor (3,92) dikategorikan “Sangat valid”, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor (4,00) dikategorikan “Sangat valid”, dan guru mata pelajaran Akidah Akhlak dengan skor (4,00) dikategorikan “Sangat valid”. Oleh karena itu media pembelajaran Card Sort layak untuk digunakan. 2) Efektifitas pengembangan media Card Sort melalui hasil perhitungan pretest dan posttest, selanjutnya dianalisis dengan analisis uji N-Gain. Hasil uji N-Gain siswa memperoleh hasil 0,74381 data tersebut dikuatkan oleh pendapat guru yang memperoleh uji N-Gain sebesar 0,75862. Kedua data tersebut termasuk dalam kategori tinggi menurut kriteria faktor gain yang telah ditetapkan. Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Card Sort yang telah dikembangkan layak untuk dijadikan media pendukung pembelajaran dalam kelas dan mampu meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Berlianah Ifadah
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:35
Last Modified: 25 Jul 2022 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5158

Actions (login required)

View Item View Item